Kabupaten Ogan Komering Ulu, fokus kurangi sampah plastik

INAnews.co.id, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk mengurangi penggunaan pada kantong plastik.

“Kantong plastik yang sudah digunakan jangan langsung dibuang, namun dipilih dulu untuk dipakai lagi jika masih bisa dimanfaatkan,” kata Kepala DLH Ogan Komering Ulu, Slamet Riyadi di Baturaja, Rabu (06/02/2019).

Slamet mengatakan, pihaknya sedang fokus untuk mengurangi sampah jenis plastik. Dengan gencar melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan sampah di sejumlah titik kawasan Kota Baturaja.

“Kegiatan ini kami lakukan selain menjadikan Kabupaten Ogan Komering Ulu daerah bersih dan ramah lingkungan, sekaligus untuk mempertahankan Piala Adipura yang diraih kedua kalinya pada Desember lalu,” ungkapnya.

  Satu bungkus rokok lebih bahaya daripada 200g ganja

Seluruh pihak pengelola bak sampah di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu diminta agar mengaktifkan operasionalnya menampung barang bekas seperti kantong plastik dan sisa botol minuman mineral guna mengurangi sampah.

“Seluruh bank sampah harus aktif karena nantinya menjadi salah satu titik yang akan dinilai oleh tim penilai tersebut,” ujarnya.

Untuk dalam waktu dekat ini tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup RI akan datang ke Baturaja guna menilai kebersihan di kawasan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

“Tim penilai ini akan fokus pada pengurangan masalah sampah jenis plastik dengan memantau sejumlah titik kawasan di Ogan Komering Ulu seperti keberadaan bank sampah,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here