Beranda NEWS NASIONAL KPPS Harus Umumkan Pemilih dapat Gunakan Hak Suara lewat pukul 13.00

KPPS Harus Umumkan Pemilih dapat Gunakan Hak Suara lewat pukul 13.00

INAnews.co.id , Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus umumkan pemilih yang dapat menggunakan hak suaranya di luar batas waktu pemungutan suara, yakni pukul 13.00 waktu setempat.

“Benar (pada pukul 13.00 waktu setempat, Ketua KPPS mengumumkan pemilih yang diperbolehkan memberikan suara),” kata Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Dikutip Antara pada Senin (15/04/2019), Hasyim tekankan berdasarkan Peraturan KPU No 9/2019 Pasal 46, disebutkan pada pukul 13.00 waktu setempat, ketua KPPS mengumumkan pemilih yang diperbolehkan memberikan suara yang masuk dalam dua kategori.

Kategori pertama adalah pemilih yang sedang menunggu giliran untuk memberikan suara dan telah dicatat kehadirannya dalam formulir Model C7.DPTKPU, Model C7.DPTb-KPU, dan Model C7.DPK-KPU.

Sedangkan kategori kedua adalah pemilih yang telah hadir dan sedang dalam antrean untuk mencatatkan kehadirannya dalam formulir Model C7.DPT-KPU, Model C7.DPTb-KPU, dan Model C7.DPK-KPU.

Seperti diketahui, Pemilu serentak akan dilaksanakan pada Rabu (17/4/2019), di mana proses pemungutan suara dilakukan pada pukul 07.00-13.00 waktu setempat.

Saat memilih ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), pemilih harus membawa formulir C6 atau formulir undangan untuk memilih, serta membawa KTP elektronik.

Jika belum memperoleh KTP elektronik, pemilih dapat membawa surat keterangan (suket) sebagai bukti telah melakukan perekaman KTP elektronik.

Sementara jika belum memperoleh formulir C6 namun sudah memperoleh KTP elektronik atau sudah melakukan perekaman KTP elektronik, maka pemilih dapat mengecek terlebih dulu melalui situs KPU.go.id.

Hal itu guna memastikan di TPS mana namanya terdaftar, kemudian melaporkan kepada petugas KPPS di TPS tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here