Kota Bitung Di Pastikan Masuk Verifikasi Kota Sehat

INANews.co.id Bitung– Sempat terpukul dengan surat Kementerian Dalam Negeri nomor 440/3395/Bangda perihal verifikasi lapangan bagi Kabupaten dan Kota yang lolos verifikasi administrasi penilaian Kota Sehat tahun 2019.

Surat yang ditandatangani Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Ir Muhamad Hudori, MSi tanggal 23 Juli 2019, dan ditujukan kepada Gubernur seluruh Indonesia, dalam isi auratnya menyatakan Kota Bitung tak lolos verifikasi.

Hal itu langsung ditindak lanjuti Dinas Kesehatan dan Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bitung. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr Franki Soriton MPHM, saat memimpin rapat persiapan verifikasi lapangan Kota Sehat, di gedung PSC 119, Selasa 13 agustus 2019.

Menurut Soriton, ada kekurangan yang belum sempat diperhatikan, yaitu data dan dokumentasi realisasi pembangunan akses sanitasi yang tidak mencapai 100 persen.

“Ini masalahnya hanya penyampaian laporan melalui aplikasi, namun kami sudah menemui pihak Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri untuk melaporkan data yang sebenarnya, dibantu FKS Kota Bitung yang juga langsung ke Sekretariat Kota Sehat Kementerian Kesehatan RI, sehingga Kota Bitung masuk dalam daftar verifikasi yang terakhir,”ujar Soriton.

Lanjutnya juga, dengan penguatan tersebut, Surat Wali Kota Bitung nomor 440/543WK tanggal 26 Juli 2019 juga memohon Verifikasi Lapangan Kota Sehat, dan ditindaklanjuti pihak Kementerian Dalam Negeri sesuai hasil pleno.

Juga melalui surat nomor 440/3839/Bangda tanggal 12 Agustus 2019 ditujukan Kepada Gubernur Sulawesi Utara, perihal pemberitahuan verifikasi lapangan Kota Sehat bagi Kota Bitung tahun 2019.

“Puji Tuhan, Kota Bitung bisa masuk dalam daftar verifikasi, karena itu kami meminta kepada seluruh pengurus FKS dan jajaran Dinas Kesehatan, untuk mempersiapkan semua data dan dokumentasi serta kesiapan lokasi penilaian,” ujar Soriton.

Ditambahkan juga nantinya ketika tim verifikasi datang, bisa melihat kondisi lapangan sesuai dengan dokumentasi dan data, ” ini untuk memperkuat kita menerima peghargaan Swasti Saba Wistara ketiga kalinya,”ujar Soriton, didampingi Ketua FKS, Wilson Wonte.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here