Seberapa Parahkah KarHutLa di Riau, Spiderman Harus Turun Tangan Membantu Pemadaman

0

INAnews.co.id, Pekanbaru –  Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di beberapa wilayah di Pulau Sumatera. Banyaknya titik api dan kemarau yang berkepanjangan juga mengakibatkan kabut asap menyelimuti beberapa wilayah di Sumatera.

 

Asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau berdampak buruk pada kualitas udara. Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang terpantau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sabtu 14 September menunjukkan kualitas udara terburuk terjadi di wilayah Pekanbaru, Riau.

“Terkait dampak karhutla, rekapitulasi Data P3E Sumatera KLHK dan Dinas LHK Provinsi Riau pada pukul 07.00 – 15.00 WIB mencatat ISPU tertinggi di wilayah Pekanbaru 269, Dumai 170, Rohan Hilir 141, Siak 125, Bengkalis 121, dan Kampar 113,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangannya, Minggu (15/9/2019).

 

Agus Wibowo menyatakan bahwa, luas lahan terbakar akibat karhutla di wilayah Riau menurut catatan BNPB mencapai sudah 49.266 hektare. Terdiri dari 40.553 hektare lahan gambut dan 8.713 hektare lahan mineral.

Kebakaran hutan dan lahan ini yang masih terus berlangsung sampai saat ini.Hal  ini mengakibatkan dampak yang luas selain kerusakan lingkungan dan kesehatan, juga aktivitas kehidupan warga masyarakat,”

 

Ketika petugas sedang melaksanakan pemadaman ada pemandangan tak biasa terjadi di tengah upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada Kamis 12 September 2019 lalu.

Petugas pemadam kebakaran dikejutkan dengan kemunculan salah satu SuperHero Avengers, yakni Spiderman yang ikut membantu proses memadamkan api di wilayah tersebut.

Ternyata, si Spiderman itu adalah seseorang warga Riau bernama Yandri. Ia rela memakai kostum superhero untuk membantu petugas di lapangan. Sosoknya kemudian viral, dengan foto yang menunjukkan dirinya tengah bergotong royong mengangkat selang air untuk disemprotkan ke titik-titik

 

Yandri memang sengaja melakukan Hal ini ikut terjun langsung ke lokasi api, Ini adalah upaya Yandri untuk mengajak dan menghimbau semua  warga di Riau harus turut berperan aktif membantu pemadaman api agar kabut asap yang kini menyelimuti provinsi tersebut segera menghilang, semoga upaya yang saya lakukan ini memancing warga lain mau ikut membantu petugas dalam upaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan ini, demikian ujar Yandri sebagai penutup.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.