TNI- Polri siap jamin keamanan di Papua

INAnews.co.id, Jayapura – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., didampingi Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., meninjau langsung situasi pasca kerusuhan yang terjadi di beberapa wilayah di Papua dan Papua Barat.

Dalam kesempatan itu, Kapolri menegaskan bahwa kehadiran aparat gabungan TNI-Polri bukan untuk menakut-nakuti, melainkan menjamin keamanan masyarakat di wilayah tersebut.

Dalam kesempatannya, Kapolri menjelaskan bahwa kehadiran pasukan Polri dan TNI menjamin keamanan masyarakat di wilayah tersebut.

“TNI-Polri siap memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat,” jelas Kapolri di Jayapura, Papua, Jumat (6/9/2019).

Kapolri menjelaskan aparat gabungan TNI-Polri hadir di Papua dan Papua Barat tak lain untuk menjamin keamanan. Sebab, jika disuatu daerah terjadi konflik maka negara harus hadir dalam hal ini aparat gabungan TNI-Polri.

“Diterjunkannya pasukan untuk memberi efek deterrent dan membuktikan negara itu ada. Kita bangkitkan keamanan dan kepercayaan publik bahwa keamanaan dijamin oleh negara” tegas Kapolri.

Sebelumnya diberitakan juga Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan berkantor di Papua selama sepekan ke depan untuk memantau langsung kondisi terkini di Papua dan Papua Barat.

“Saya akan paling tidak, mungkin 4, 5 hari, seminggu akan ada di situ,” ucap Kapolri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (1/9).

Kapolri ia bersama TNI telah berkomitmen untuk menjaga keamanan bumi cendrawasih itu dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya dengan Pak Panglima sudah komitmen, kurang (pasukan), akan tambah lagi sampai situasi aman dan kita akan berangkat ke sana untuk jaga keamanan,” kata Tito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here