Apartemen Benny Tjokrosaputro yang Disita Kejagung Menjadi 93 Unit

0

INAnews.co.id,Jakarta  – Kejaksaan Agung RI (Kejagung) kembali melakukan penyitaan sejumlah unit kamar Apartemen South Hills di kawasan Kuningan milik tersangka kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro. Dengan adanya penambahan penyitaan baru ini maka total menjadi 93 unit apartemen yang disita.

“Tambah lagi jumlahnya total 93 unit (apartemen) di South Hills Kuningan, Jakarta Selatan juga,” kata Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung Febrie Adriansyah kepada wartawan di Gedung Bundar, Jalan Sultan Hasanudin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat (7/2/2020).

Harga satu unit kamar  di Apartemen South Hills yang telah disita itu,bernilai Rp 3 miliar. “Bisa 1 unit itu, Rp 3 miliar minimal, maka untuk mengetahui berapa besar nilai total seluruh unit apartemen yang disita tinggal dikali aja,” ujarnya Febrie Ardiansyah.

Febrie menyebut unit kamar yang disita tidak berpenghuni. Pihaknya masih mendalami terkait penelusuran aset Benny terutama di apartemen.

“Kita juga akan melihat dan mengumpulkan semua informasi dulu apakah sudah ada penjualan apa belum. Kalau sudah ya harus melindungi juga kepentingan dan hak konsumen (pembeli) . Bisa saja itu Tbk, kalo Tbk kan kepemilikan masyarakat juga,sehingga kita sita memang betul punya Benny Tjokro.” jelasnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, Kejagung juga sudah menyita  41 kamar apartemen milik Benny. Apartemen tersebut berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

“Saya informasikan hari ini Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah menerbitkan penetapan untuk memberikan persetujuan penyitaan terhadap 41 kamar di apartemen South Hills, Kuningan,” kata Kapuspenkum Kejagung, Hari Setyono, di Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/20).

Perkembangan terbaru, penyidik sudah menerima penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat nomor 16/Pet.Pit.Sus/TPK/II/2020/PN.JKT.PST tanggal 6 Februari 2020.

Kapuspenum mengatakan bahwa  41 kamar apartemen milik Benny setelah di lakukan penyelidikan kasus ini nya  kaitannya dengan korupsi Jiwasraya. Hari mengatakan puluhan kamar apartemen itu diduga hasil dari korupsi Jiwasraya.

“Jadi seperti yang saya sampaikan sebelumnya, penyidik memilah-milah dulu yang hasil penggeledahan tadi, setelah diperoleh data pasti barang barang tersebut diduga  ada kaitannya dengan kejahatan itu,maka  dilakukan persetujuan penyitaan dan hari ini telah ditetapkan 41 kamar dari Apartemen South Hills di Kuningan di duga milik salah satu tersangka,” ujar Hary Setyono selaku kapuspenkum.

Seperti diketahui, sampai dengan saat ini dalam kasus di pusaran Jiwasraya, Kejaksaan Agung sudah menetapkan dan menahan  6 tersangka. Mereka adalah :

1. Komisaris PT Hanson, Benny Tjokrosaputro
2. Eks Direktur Keuangan PT Jiwasraya, Hary Prasetyo
3. Presiden Komisaris PT Tram, Heru Hidayat
4. Eks Dirut Jiwasraya, Hendrisman Rahim
5. Eks Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan
6. Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.