Usai Observasi COVID-19 di Natuna Pulang Menjadi Duta Kesehatan

0

INAnews.co.id, Jakarta –   Warga Negara Indonesia (WNI) yang berjumlah 238 yang sempat diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau, akhirnya dipulangkan. Mereka pun dinyatakan bebas dari virus Korona atau COVID-19. 238 WNI tersebut telah diberi surat rekomendasi yang menyatakan sehat. Selain itu, Menkes pun akan terus memberikan pendampingan lewat Dinas Kesehatan setempat.

Berdasarkan Surat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor SR.02.02/Menkes/89/2020 dinyatakan bahwa masa observasi akan berakhir pada Sabtu 15 Februari 2020 pukul 12.00 WIB, dengan ketentuan tidak ada satu pun di antara warga yang diobservasi dan tim pendukung mempunyai gejala dan tanda berkaitan dengan coronavirus disease (Covid-19).

Selanjutnya pada para WNI tersebut  usai observasi COVID-19 tersebut akan menjadi duta kesehatan bagi masyarakat sekitar tempat mereka tinggal masing masing .

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan “Mereka akan jadi duta kesehatan, karena sudah selesai (obersvasi). Mereka kan bisa mengajarkan gaya hidup sehat,Selama Observasi berlangsung mereka di ajarkan gaya hidup sehat dan bagaimana hidup sehat” jelas Menkes Terawan di Natuna.

Menkes melanjutkan, sesampainya di Bandara Halim Perdana Kusuma, WNI tersebut bisa langsung melanjutkan ke tempat tinggal mereka masing-masing dengan biaya ditanggung pemerintah.Jika ada WNI yang membutuhkan penerbangan lanjutan ke kota tujuan tempatnya, pemerintah memfasilitasi dengan pesawat komersil dan biaya ditanggung oleh pemerintah.

“Setibanya di Bandara Halim Perdana Kusuma Tidak ada seremoni , karena WNI yang bersangkutan bisa langsung pulang kerumah masig masing dan yang tujuan kota lain bisa langsung berganti dengan pesawat komersil karena tiketnya sudah disiapkan.” Tambah Menkes.

Selain pemerintah, Komisi IX DPR juga  menjemput kedatangan 238 WNI itu di Bandara Halim Perdanakusuma.DPR pun menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan dan jajaran BNPB, TNI, Polri, serta Pemerintah Kabupaten Natuna dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh komponen lainnya yang sudah membantu tahapan-tahapan ini.

Pemerintah  mengimbau kepada seluruh masyarakat  agar bisa menerima  kepulangan mereka dengan baik, Karena kepulangan mereka dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit virus corona setelah masa observasi 14 di Natuna.Justru WNI yang pulang ini ada Duta Kesehatan. Karena mereka sudah di bekali dan diajarkan gaya hidup sehat.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.