Penyelenggaraan GIIAS 2020 Seri Pembuka Surabaya Resmi Ditunda

0

INAnews.co.id,Surabaya – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di Grand City Convec , Surabaya – Jawa Timur.Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan akan diselenggarakan    pada 20-29 Maret 2020, akhirnya diputuskan ditunda. Penundaan itu dilandasi meluasnya wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Penyelenggara GIIAS Surabaya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menyampaikan, batas waktu penundaan belum ditentukan.

“Penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020 akan kami tunda hingga pemberitahuan lebih lanjut,” seperti Realese yang diterima redaksi INANews dari Panitia  Gaikindo melalui keterangan tertulisnya pada Senin siang  (16/3/20).

Terkait pengumuman resmi ini  Gaikindo menjelaskan ada lima alasan kenapa akhirnya pameran GIIAS 2020 seri Surabaya ditunda.

Pertama status Covid-19 yang sudah ditetapkan menjadi pandemi dan perkembangannya semakin meluas di tanah air.

Kedua, Telah dikeluarkannya keputusan pemerintah yang menetapkan pandemi Covid-19 bencana non alam.

Ketiga, Pemerintah melarang mengadakan perjalanan keluar kota dan menghadiri acara yang melibatkan banyak orang.

Keempat, pemerintah daerah Jawa Timur sudah mengeluarkan kebijakan meliburkan seluruh kegiatan sekolah.

Kelima, Gaikindo menilai perkembangan wabah Covid-19 di dalam negeri belum dapat diprediksi.

Surabaya adalah merupakan kota pertama penyelenggaraan GIIAS pada tahun ini. Setelah itu rencananya GIIAS akan digelar di Tangerang pada Agustus, kemudian Makassar dan Medan.

Gaikindo belum dapat membuat keputusan terkait penyelenggaran di kota selain Surabaya. Gaikindo juga belum mengungkap potensi kerugian atas penundaan ini.

Gaikindo menyampaikan komitmen penyelenggara memprioritaskan kesehatan dan keselamatan para peserta pameran, pengunjung, hingga masyarakat umum.

“Untuk itu Gaikindo percaya menunda penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 merupakan langkah terbaik untuk melindungi semua pihak. Gaikindo mengharap dukungan penuh dari seluruh pihak untuk mengambil tindakan pencegahan dan mendahulukan kesehatan dan keselamatan bersama,” kata Gaikindo.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.