Tim Garnisun Akan Tindak Tegas Pelaku Usaha Tempat Hiburan Yang Masih Beraktivitas.

0

INAnews.co.id Bitung– Rapat Koordinasi terbatas yang dilaksanakan di ruang sidang Kantor wali Kota Bitung adalah keseriusan Pemerintah Kota Bitung beserta jajaran, TNI-Polri mulai hari ini akan melakukan tindakan tegas bagi warga yang melakukan kegiatan pertemuan banyak orang di berbagai tempat. Senin 23 Maret 2020.

Tindakan tegas ini akan dilakukan apabila imbauan dari Pemerintah agar melakukan social distancing untuk menjaga jarak sosial atau guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau COVID-19 tidak dilakukan oleh masyarakat.

Pemerintah Kota Bitung sudah membuat Tim garnisun yang akan melakukan operasi pembubaran apabila didapati kumpulan orang di berbagai tempat.

Dari hasil pantauan pemerintah Kota Bitung sampai kemarin malam, ditemukan masih banyak warga berkumpul di tempat-tempat hiburan, termasuk di resting area depan pelabuhan Bitung. Karena itu, mulai hari ini semua tempat hiburan malam diimbau untuk menutup aktivitasnya.

Untuk memperkuat kesepakatan itu, Wali Kota Max J Lomban memerintahkan pejabat terkait untuk segera membuat surat edaran untuk ditandatangani dan diedarkan.

Dalam rapat tersebut dibahas juga soal kesiapan Puskesmas dan rumah sakit dalam menghadapi penanganan pasien virus corona. Sesuai kebijakan pemerintah, warga yang dalam status ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) akan terus dipantau dan diawasi.

Bagi yang berstatus ODP, sangat diminta untuk tidak keluar rumah dan bersentuhan dengan orang lain. Sedangkan bagi PDP akan ditangani oleh tim kesehatan mulai dari Puskesmas, lalu rujuk ke RSUD Manembo-nembo atau ke RS TNI-AL. Dari kedua rumah sakit ini nanti akan dirujuk ke RSUP Manado.

Sebelumnya, Sekda Kota Bitung Dr. Audy Pangemanan sudah mengingatkan, bagi warga yang mengalami gejala demam, pilek dan batuk sangat diharapkan untuk melaporkan diri baik oleh diri sendiri maupun keluarga dengan menghubungi layanan hotline Virus Corona Dinas Kesehatan Bitung di nomor 085340432718.

“Silakan telfon dan tim kesehatan akan memberikan respon atau akan datang menjemput pasien di rumah dan jangan datang sendiri ke dokter atau rumah sakit,” tegas Pangemanan.

Rapat koordinasi dipimpin Wali Kota Bitung Maxmiliaan Jonas Lomban didampingi Sekretaris Daerah Kota Dr. Audy Pangemanan, Dandim 13-10 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat dan Kapolresta Bitung AKBP FX Winardi Prabowo SIK. Peserta rapat terdiri atas para Asisten, Kepala Dinas Kesehatan, para pimpinan rumah sakit di Bitung, Kadis Dikbud dan beberapa kadis lainnya, para kepala Puskesmas beserta para dokter.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.