Himbau Masyarakat Sholat Eid di Rumah, Koramil Cakranegara Gelar Patroli Gabungan

0

INAnews.co.id, Mataram – Dalam rangka menghimbau masyarakat menjelang Idul Fitri 1441 H dan pencegahan penyebaran Covid-29, Koramil Cakranegara bersama Polri, Pemkot dan Fokofimda melaksanakan patroli gabungan pada Jum’at ( 22/5/2020).

Sebelum kegiatan patroli dilakukan, para petugas menggelar apel kesiapan yang dipimpin langsung oleh Camat Cakranegara Muhammad Erwan.

Danramil Cakranwgara Kapten Inf. Asef Okinawa mengatakan bahwa rute kegiatan patroli gabungan ini di mulai dari Sayang-Sayang, kemudian dilanjutkan menuju Cakra Utara, kemudian melintasi Taliwang hingga Pasar Sindu.

“setelah dari Sindu kita menuju Pandan Salas, pertigaan masjid kampung Jawa dilanjutkan ke Cilinaya menuju jalan Ngurah Rai,” ujarnya.

Lebih lanjut Asef juga menambahkan, selain rute tersebut, tim gabungan juga menyisir Jalan Praburangkasari hingga ke cakra Selatan tembusan pasar seraye.

“Kita juga lakukan patroli ke Seganteng menuju Jalan Tumpang Sari terus ke jalan Umar Maye kemudian ke jalan Selaparang dan finish di kantor Camat Cakranegata,” tambahnya.

Sementara itu, saat patroli gabungan Asef juga menyampaikan kegiatan patroli gabungan ini dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

“Mari kita bekerja dengan ikhlas dan ini merupakan ibadaj,” imbuhnya.

Selain patroli, himbauan juga silakukan agar masyarakat memahami kondisi pandemi Covid-19 ini.

” Masyatakat kita minta laksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing masing bersama keluarga inti, apa bila sangat terpaksa dan tetap melaksanakan sholat Eid maka harus mematuhi ketentuan ketentuan yang ada yakni.

1. Ketua penyelenggara sholat idul Fitri membuat surat pernyataan dan tandatangan diatas materai untuk siap bertanggung jawab apabila terdapat jamaah terpapar kasus positif setelah melaksanakan kegiatan sholat idul Fitri.

2. Ketua panitia harus mengikuti prosedur atau protokol sebagai berikut :

a) Hari H-2 ketua penyelenggara sholat idul Fitri melaporkan kepada Babinsa atau Babinkamtibmas.

b) Hari H-1 Babinsa atau Babinkamtibmas melaksanakan pengecekan dan pemeriksaan tentang kesiapan sebagai berikut :
– Alat deteksi tubuh disetiap pintu masuk lokasi ibadah atau lapangan

– Terdapat tempat cuci tangan (Dispenser atau Hansnitiser)

– Terdapat tenda kesehatan

– Ploting titik jamaah (untuk sap sholat berpola)

– Jalur masuk dan jalur keluar sholat idul Fitri berbeda.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.