Ketua TP-PKK, Tingkatkan Kualitas Lumbung Pangan Setiap Kelurahan

19

INAnews.co.id Bitung- Untuk mencegah Pandemi Covid 19 berkepanjangan Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Bitung melaksanakan program meningkatkan kualitas lumbung pangan berbasis keluarga dan kelurahan.

Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap penyedian pangan yang ada di Kota Bitung. Untuk itu TP-PKK berupaya melakukan penanaman yakni menanam bibit talas, ubi jalar dan pemeliharaan ikan lele di Kebun PKK Kecamatan Matuari.

Dalam kesempatan ini, Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban-Rawung mengatakan, program lumbung pangan ini telah dicanangkan Wali Kota Bitung sejak 3 April 2020 lalu bersama TNI dan Polri, setelah Covid-19 dinyatakan menjadi bencana nasional.

“Karena itu TP-PKK Kota Bitung tergerak untuk berkolaborasi mendukung kegiatan ini, karena kalau bencana ini berkepanjangan, maka kita punya cadangan pangan yang mimpuni untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan keluarga,”ujar Rawung pada Jumat 15 mei 2020.

Lanjut Rawung, selain membuka perkebunan, pihaknya mengimbau agar masyarakat memanfaatkan pekarangan atau lahan tidur supaya bisa diolah bersama kelurahan, sehingga ketahanan pangan masyarakat Kota Bitung bisa terjamin.

“Kita semua bisa memakai sumber-sumber pangan lokal, misalnya beras, namun jika stoknya berkurang, kita sendiri yang menyiapkan pangan untuk kita sendiri”, ucap Rawung.

Ketua PMI Kota Bitung ini menambahkan, TP-PKK menopang program pemerintah untuk menciptakan pangan.

“Dalam dua bulan terakhir ini saya melihat sudah ada yang mulai panen, saya berharap keluarga-keluarga tetap antusias, tentunya dengan menjaga jarak, cuci tanan dan menggunakan masker, juga emperhitungkan cadangan pangan,”ungkap Rawung, sambil berharap, Tuhan menjamah agar Covid-19 cepat berakhir.

Sementara, Camat Matuari, Sefferson Sumampouw memberikan apresiasi terhadap peran serta TP-PKK yang memberikan semangat sehingga program tersebut bisa berjalan.

“Terima Kasih Bapak Wali Kota Bitung, dan Ibu selaku TP-PKK Kota Bitung, yang selalu antusias dengan program kemasyarakatan, saya optimis kebun Kecamatan Matuari ini, bisa memberikan hasil yang baik, karena didudung para Lurah, Pala dan RT,” ujar Sumampouw.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.