Sebanyak 23 Ribu Lansia, Mendapatkan Bansos Sebesar Rp 300 Ribu Dari Lomban

0

INAnews.co.id Bitung– Hari ini Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban menyerahkan langsung secara simbolis Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat yang sudah lanjut usia (lansia) bertempat di BPU Kantor Wali Kota Bitung, Jumat 22 Mei 2020.

Kegiatan penyaluran Bansos ini dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Bitung seperti Sekda Bitung Audy Pangemanan, Kepala Inspektorat Rayne Suak, Assisten I Setdakot Bitung Frangky Ladi, Assisten II Jeffry Wowiling dan Kadis Sosial Give Mose.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Give Mose dalam laporannya menjelaskan, pemberian Bansos ini berdasarkan SK Walikota Bitung nomor 188.45/AKM/SK/48/2020 Tentang penertapan daftar penerima Bansos di Lingungan Pemkot Bitung tahun 2020, dianggarkan sebesar Rp3. 951.000.000 diberikan kepada seluruh Lansia dan penyandang Disabilitas yang telah ditetapkan dalam daftar lampiran dengan nominal jumlah Rp300.000 per penerima.

“Dilaporkan kegiatan ini adalah penyerahan bantuan tahap pertama diprioritaskan bagi penerima yang akan merayakan Idul Fitri dan saat ini Dinsos membentuk 4 tim bertugas 2 hari, tim pertama siap di 4 kecamatan dan berikutnya di 4 kecamatan,” jelas Mose.

Di kesempatan itu pula Wali Kota Maxmiliaan J Lomban menyampaikan, sesuai data statistic di Kota Bitung sendiri terdapat 23 ribu lansia dari total jumlah penduduk di kota Bitung, ada yang mampu, ada yang setengah mampu dan tidak mampu.

“Tahap pertama ini baru sepuluh ribuan, satu lansia mendapatkan 300 ribu rupiah, semoga bantuan ini dapat membantu para lansia selama masa pandemi ini,” ujar Lomban.

Lanjut Lomban mengatakan, dirinya sudah meminta kepada Dinas terkait agar memprioritaskan Kelurahan yang banyak beragama Muslim dalam satu dua hari ini untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

“Contohnya di Kecamatan Girian dan Kecamatan Maesa kalau di Lembeh selatan ada di Binuang, Papusungan, jadi kelurahan ini jadi sasaran hari ini dan besok. Kadis Sosial silahkan ambil uangnya dan berkoordinasi dengan keuangan”, ucap Lomban.

Lomban juga menambahkan, ini tidak ada maksud lain selain menolong bapak ibu dalam kesehariannya, “Oma dan Opa harus jadi contoh di masyarakat, jaga jarak 1 sampai 2 meter, termasuk anak cucu juga jaga jarak, rajin cuci tangan karena tangan tidak bisa dikontrol, pakai masker, saya minta Dinsos dalam penyaluran, jika ada Lansia tidak punya masker, dibagikan masker. Kita berdoa pada Yang Maha Kuasa dihindarkan dari Virus Corona ini,” tutup Lomban.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.