Terkait Bantuan Yang Di Potong, Altin : Itu Tidak Benar

0

INAnews.co.id Bitung- Terkait adanya laporan dari masyarakat di Media sosial dan Ketua DPRD Bitung Aldo Ratungalo yang meminta agar penyaluran bantuan ini dilakukan secara transparan.

Sehingga dua assisten di bawah Sekretariat Daerah masing-masing Assisten I Frangky Ladi dan Assisten II Jeffry Wowiling bersama dengan Kalahkar BPBD Bitung meninjau langsung penyaluran bantuan penanggulangan dampak Covid-19 di Tiga Kelurahan yakni Kelurahan Madidir Unet, Kelurahan Madidir Weru dan Madidir Ure, pada Senin 4 Mei 2020.

Pininjauan ini ikut hadir juga Camat Madidir Altin Tumengkol, ketika Tim pemkot ini tiba di tempat penyaluran.

Tim langsung adakan tanya jawab dengan Lurah dan perangkat Kelurahan terkait laporan yang ada di media soaial tersebut.

Setelah Tim mendengar jawaban dari Lurah dan perangkatnya, Tim juga mengarahkan agar supaya nama-nama penerima bantuan di tempelkan pada papan pengumuman agar supaya masyarakat bisa dengan leluasa melihat daftar nama tersebut.

Begitu juga di Dua Kelurahan, Tim melakukan hal yang sama bahkan Tim ini juga sempat melakukan pengecekan jumlah bantuan yang akan di berikan, salah satunya beras apakah sudah sesuai ukurannya atau tidak.

Frangky Ladi yang juga sebagai Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Bitung saat di wawancarai sejumlah media menyampaikan, tim ini turun karena ada laporan warga bahkan laporan dari Ketua DPRD Bitung Aldo Ratungalo yang meminta agar penyaluran bantuan ini dilakukan secara transparan.

“Iya benar, kita turun untuk mengecek di lapangan apakah keluhan dari warga itu memang benar atau tidak dan juga ada juga keluhan dari pak Ketua DPR soal adanya penyaluran bantuan beras yang dianggap tidak sesuai dengan kuantitasnya, ternyata semua keluhan itu tidak ditemukan di lapangan”, ujar Ladi.

“Soal keluhan tidak dipampangnya nama-nama keluarga penerima bantuan di papan pengumuman kelurahan, setelah kita cek, memang belum ditempel karena rata-rata di tiap kelurahan, nama-nama penerima bantuan diumumkan melalui pengeras suara”, jelasnya.

Ladi menambahkan, “dan tadi telah kita perintahkan untuk ditempel, kemudian soal adanya beras bantuan yang diduga dipotong separuh tidak kita temukan bahkan semuanya utuh,” ucap Ladi.

Altin Tumengkol Camat Madidir saat di wawancara secara terpisah menegaskan bahwa penyaluran bantuan kali ini tepat sasaran dan data penerima bantuan akan segera ditempel di papan pengumuman.

“Jadi itu tidak benar jika ada bantuan dipotong kemudian untuk data nama-nama akan segera diumumkan di kantor Kelurahan-kelurahan dengan cara ditempel,” tegas Altin.

Sebelumnya, Ketua DPR Bitung Aldo Ratungalo usai meninjau penyaluran bantuan di 3 kelurahan tersebut, menulis temuannya dalam status di media sosialnya.

Dalam status tersebut, Ratungalo mengeluhkan tidak adanya data penerima bantuan yang ditempel di papan pengumuman Kantor Lurah.

Dirinya berharap agar Pemkot Bitung bisa memberikan perhatian atas hal ini.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.