Salurkan BSPS, MJL Tuai Banyak Apresiasi Dari Masyarakat

2.698

INAnews.co.id Bitung-Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban (MJL) menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) secara simbolis bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam meningkatkan kualitas dan perbaikan rumah tidak layak huni untuk menjadi layak huni.

Kegiatan ini sekaligus peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya program tersebut, dan diawali dengan ibadah singkat oleh Pdt. Delfie Waworuntu, Ny.Ratumbuisang S.Teol. Selasa, 30 Juni 2020.

Henry Sakul Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan kawasan Pemukiman Kota Bitung dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemkot Bitung mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2020 dengan jumlah total 300 unit di 13 kelurahan.

“BSPS adalah bantuan Pemerintah pusat bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam meningkatkan kualitas dan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk menjadi layak huni, meliputi pemenuhan standar keadaan komponen struktur bangunan serta peningkatan kualitas bahan penutup atap, penutup lantai dan dinding bangunan,” jelas Sakul.

MJL dalam sambutannya menyampaikan, untuk mendatangkan program yang diberikan Menteri PUPR, Dirjen Cipta Karya serta Direktur Perumahan Rakyat, ini tidaklah gampang. Karena itu, patut disyukuri Bitung mendapatkan BSPS yang bisa dibagikan ke 13 kelurahan yang ada di Kota Bitung dengan jumlah 300 unit. Program BSPS ini atas kerjasama Pemkot Bitung dan Kementrian PUPR di bidang air bersih, “untuk itu saya berharap dengan adanya program ini bisa tercipta rumah layak huni di Kota Bitung. ”ujar MJL.

Lanjut MJL Perlu diketahui, Kelurahan Batuputih atas terdapat 2 lokasi, dengan jumlah bantuan 25 unit. Sedangkan Batuputih bawah terdapat dua lokasi dengan jumlah bantuan 30 unit, BSPS ini senilai Rp17,5 Juta per Kepala Keluarga, dan dana tersebut tidak diterima secara utuh, melainkan Rp 15 Juta dalam bentuk barang (material) dan Rp 2,5 Juta bantuan untuk upah kerja yang ditransfer di rekening bank milik penerima, beber MJL.

Tak lupa juga, warga yang menerima BSPS memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemkot Bitung terlebih khusus Wali Kota Bitung yang telah merealisasikan bantuan tersebut di tengah pandemi Covid-19.
Turut hadis, para Asisten, Kepala dinas lingkungan hidup, Kabag Pemerintahan, Kabag Protokol, Camat Ranowulu, Lurah Batuputih atas dan lurah Batuputih bawah bersama jajaran kelurahan.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.