Special Response Team Bakamla RI Menggelar Latihan Selam di Pulau Pramuka

0

INAnews.co.id, Jakarta – Terdengar riuh semangat dari sekelompok orang menggunakan seragam lapangan berwarna abu-abu. Mereka tak lain adalah personel Special Response Team (SRT) Bakamla RI yang sedang berlatih aspek dasar laut, di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (14/07/20).

Walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19, Bakamla RI merasa perlu untuk tetap menjalankan program kegiatan yang telah direncanakan, terlebih lagi dalam hal pelatihan personel. Hal ini dikarenakan tindak pelanggaran dan kecelakaan di laut bukannya menghilang di saat pandemi, namun masih tetap ada. Hal ini merupakan salah satu bentuk kesiap siagaan Bakamla RI dalam mempertahankan personelnya di kondisi prima untuk bertindak cepat saat dibutuhkan.

Bertempat di Dermaga Pulau Pramuka, kesepuluh personel mendapatkan pengarahan awal sebelum turun ke air. Kegiatan latihan di hari pertama ini, meliputi metode selam dengan kedalaman 16 meter, eksplorasi dalam air, pemeriksaan buoyant, teknik bertahan di air, teknik pencarian dan penyelamatan manusia, teknik pengoperasian perahu karet, dan rigid hulled inflatable boat (RHIB)

Sesi ini dipandu oleh Kapten Bakamla Bagus Triyono selaku instruktur, dan didampingi Lettu Bakamla Tito Adhikurniawan, S.Or., M.Pd., Letda Bakamla Daniel Sibarani, S.H., Serma Bakamla Sape’i, dan Serma Bakamla Rizky Setiawan.

Sehari sebelumnya, kegiatan ini resmi dibuka oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy M. Latief, yang secara simbolis menyematkan tanda keikutsertaan latihan kepada perwakilan personel yang terlibat.

Tak lupa, pejabat tinggi berbintang satu ini juga melakukan kunjungan kerja ke Pemda Kepulauan Seribu. Kedatangannya disambut hangat oleh Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaidi. Sos., M. Si, dan Assisten II Iwan Samosir. Dalam kesempatan ini, Laksma Sandy didampingi oleh Kasubdit Renlat Kolonel Bakamla Agus Izudin, S.T., dan Kasubdit Garlat Kolonel Bakamla Julisa Kusumowardono, S.IK., M.Si.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.