Upaya Kerja Keras Wali Kota, Kota Bitung Kembali Dapatkan Bantuan 4,1 Miliar

601

 

INAnews.co.id Bitung– Berkat usaha dan kerja keras Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban Kota Bitung kini kembali mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang sanitasi Sebanyak 4,1 Miliar.

Hal ini di benarkan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Bitung Hendri Sakul, pada saat kegiatan peletakan batu pertama dalam program DAK di bidang sanitasi, yang bertempat dibeberapa Kelurahan yang ada di Kota Bitung, Selasa 22 September 2020.

“Kita bersyukur karena upaya, perhatian hingga lobi Pak Wali Kota sehingga saat ini Kota Bitung mendapat program DAK bidang sanitasi yang kurang lebih ada sebanyak 4,1 miliar,” ujar Sakul.

Hendri juga menambahkan, tahun depan akan diupayakan lagi bagi Kelurahan yang belum mendapatkan program tersebut, dan pada saat ini yang mendapatkan bantuan tersebut 10 Kelurahan yang dianggap rawan.

“Penerima program ini ada dua kategori, secara individual atau mandiri dan komunal yang terdiri dari 5 sampai 10 rumah. Ada 7 kelurahan untuk penerima individual dan 3 kelurahan untuk komunal,” ujar Hendri.

Dalam Sambutannya Lomban mengatakan, program ini adalah salah satu program yang selaras dengan program 5 bersih yang ada di Kota Bitung, untuk itu program ini harus diperjuangkan untuk itu perlu mendapatkan perhatian khusus agar program ini berjalan dengan baik, kata Lomban.

“Di Kota Bitung masih ada kurang lebih 40 persen masyarakat yang bersandar pada air sumur. Untuk itu kita memerlukan sanitasi yang sangat baik agar masyarakat bisa terhindar dari berbagai penyakit,” ungkapnya.

Lanjut Lomban, pada tahun 2024 targetnya Kota Bitung dibidang sanitasi sudah harus baik, untuk itu Lomban juga mengajak kepada semua warga Kota Bitung agar bisa membantu Pemerintah dalam program ini untuk membuat septic tank, agar supaya Kota Bitung kedepan bisa di percayakan oleh Pemerintah Pusat.

“Di tengah pandemi seperti sekarang ini, saya sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat karena masih diberikan bantuan seperti ini,” tutup Lomban.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.