Gandeng Pemda Ketapang, BKNDI Siap Menggelar Seminar Koperasi dan UMKM

144

INAnews.co.id, Ketapang – Dengan menggandeng Pemerintah Daerah Ketapang  Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia  (BKNDI) Kabupaten Ketapang, Siap menggelar kegiatan Seminar dan Workshop Koperasi UMKM dan Industri Kreatif di penghujung bulan November tahun 2020. Kegiatan yang siap digelar ini didukung oleh pemerintah setempat dan kantor dinas terkait. Kegiatan ini juga melibatkan para kepala desa sekabupaten ketapang.

Penyelenggaraan Seminar Koperasi UMKM dan Industri kreatif ini akan di laksanakan bersamaan dengan Rakerda DPD BKNDI Kabupaten Ketapang. Saat ini panitia sedang berkoordinasi dengan Pihak Pemda dan pejabat terkait. Kegiatan Seminar atau wokshop akan di gelar di Pendopo Kabupaten sekaligus pameran produk koperasi UMKM dan Industri kreatif dari para peserta seminar tersebut.Sementara Rakerda DPD BKNDI Kabupaten Ketapang akan diselenggarakan di ruang serba guna kantor Bupati Ketapang.

Rini Nugraha selaku Ketua DPD BKNDI Kabupaten Ketapang, Mengatakan ” Bahwa keberadaan BKNDI Ketapang sudah di sosialisasikan kepada Pemda Ketapang dan pejabat terkait serta kepada Ketua DPRD Ketapang, sehingga dalam penyelenggaraannya nanti dirinya berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.” Hal ini disampaikan dalam keterangannya melalui wawancara via video call, Senen, 26/10/20.

“Dalam seminar koperasi UMKM dan industri kreatif nanti panitia akan mengundang Kementrian Koperasi UMKM, Kementrian Desa, Dirjen IKMA Kemenperin serta Lembaga Keuangan penyalur KUR dan juga Bank bank syariah”. Lanjut Rini.

Kemudian Rini menegaskan perlunya menghadirkan Lembaga Keuangan penyalur KUR atau kredit usaha kecil, Rini menjelaskan seminar ini mengambil tema “Menggali Potensi Desa Melalui Pengembangan Koperasi UMKM dan Industri Kecil bersama BKNDI. Dan materi seminar yang akan di sampaikan mengenai tata kelola manajemen keuangan dan pemasaran Koperasi dan umkm, kemudian ada materi mengenai tata cara dan tips menyusun proposal pengajuan kredit KUR dan mengelola kredit produktif untuk mengembangkan koperasi UMKM dan Industri kreatif.

Sementara itu Bapak Dwi Rahmat Zuhri, ST, selaku Wakil ketua DPD BKNDI Kabupaten Ketapang, turut memberikan penjelasan seputar Rakerda DPD BKNDI Kabupaten Ketapang, Pak Dwi menyatakan pentingnya Rakerda ini diselenggarakan mengingat Keberadaan BKNDI di Kalimantan barat khususnya Kabupaten Ketapang sudah banyak dukungan dari pejabat daerah, sehingga BKNDI Ketapang harus mampu menyusun agenda kegiatan yang memberikan manfaat bagi kemaslahatan masyarakat di kabupaten Ketapang. BKNDI di Ketapang harus bisa membantu Pemda setempat dalam membangun desa mandiri. untuk itu Rakerda ini mengambil tema ” Peran Serta BKNDI Dalam Membangun Desa Mandiri Sebagai Manifestasi Pemahaman Empat Pilar MPR RI.”

” Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, juga menjadi materi yang akan di sampaikan dalam Rakerda tersebut, Untuk itu BKNDI akan mengundang Bapak H. Bambang Soesatyo, SE., MBA. menyampaikan langsung materi itu, Ujar Dwi Rahmat Zuhri.

Isra A. Sanaky selaku Ketum DPN BKNDI, mengingatkan pada Pengurus DPD maupun DPW BKNDI di seluruh kabupaten/ kota di Indonesia untuk bisa membina dan menjalin hubungan baik dengan para pejabat di daerah masing masing sehingga BKNDI akan mudah menjalankan agenda agenda kegiatannya. karena sejatinya Keberadaan BKNDI itu membantu program pemerintah dalam membangun desa mandiri dan membangun perekonomian dari tingkat desa. Sesuai dengan moto BKNDI yaitu ” Desa Maju Indonesia Jaya”.

Kemudian Isra kembali mengingatkan pada Pengurus DPD BKNDI Kabupaten Ketapang, didalam penyelenggaraan seminar koperasi UMKM dan Industri kreatif nanti juga mengundang kelompok tani, Kelompok Nelayan dan Industri kreatif tingkat Desa, sehingga para peserta seminar nanti benar benar mendapatkan manfaat dan mampu mengatasi persoalan atau kendala yang di hadapi selama ini khususnya masalah permodalan dan tata kelola keuangan serta pemasaran produk mereka.

Di akhir wawancara video call Senen malam Rini sebagai Ketua DPD BKNDI Kabupaten Ketapang memberikan keterangan bahwa dalam penyelenggaraan nanti didukung oleh para kepala desa dan para kepala tersebut dilibatkan kepanitiaan, sehingga dirinya  berharap pada Bapak Drs.Suprapto.S. selaku Pj. Bupati Ketapang juga mendukung kegiatan seminar koperasi UMKM dan Rekerda BKNDI Ketapang sehingga acara nanti dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan semua pihak, Pungkas Rini Nugraha.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.