Gubernur Banten Terima Audensi PUB dan Ormas Islam se Banten, Bahas Komite Ekonomi Syariah

1.016

INAnews.co.id, Banten – Gubernur Banten, Wahidin Halim,  menerima audiensi Perkumpulan Urang Banten (PUB) bersama para Pimpinan Ormas Islam se-Banten untuk membentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Banten pada Selasa, 13 oktober 2020 , di Rumah Dinas Gubernur, Serang.Wahidin Halim menyambut baik  audensi yang dilakukan bersama ormas Islam se-Banten ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para kyai, profesor dan para ahli dari semua ormas Islam yang hadir di audiensi ini. Saya bangga, Banten memiliki para kiyai, intelektual dan praktisiyang bergerak bukan lagi konsep tapi langsung kepada realisasi. Saya siap bahkan lebih siap lagi kalau sekarang pun SK-nya ditanda tangani, kita segera susun kepengurusannya dan segera resmikan,” ujar Wahidin Halim.

KDEKS diketuai langsung oleh Gubernur, mengacu pada KNEKS yang diketuai langsung Presiden RI dan Wakil Presiden sebagai Ketua hariannya.

“Hadirnya KDEKS ini akan menjadi motor penggerak ekonomi syariah di daerah Banten,” ucap Rizkullah pada siaran persnya, selasa 13 oktober 2020.

Tambahnya, arah kebijakan dan program KDEKS Banten akan mengacu kepada arah kebijakan dan program KNEKS.

Berbagai langkah telah dilakukan sebagai upaya menguatkan posisi KDEKS sebagai tempat berhimpunnya para ulama, zuama dan cendekiawan Islam sekaligus sebagai rumah bagi ormas dan Lembaga Islam, yang mempunyai fungsi khadimul ummah (palayan umat) dan shodiqul hukumah (mitra pemerintah).

Pertemuan kali ini membahas langkah strategi ke depan yang konkrit demi mewujudkan Indonesia Sentral Ekonomi Syraiah Dunia dimulai dari Banten.

Hasan Gaido selaku inisiator Indonesia Sentral Ekonomi Syariah Dunia menyampaikan bahwa sangat mungkin terwujudnya Banten Kiblat Ekonomi Syariah Nasional, karena posisi Banten sebagai penyanggah ibukota dan dengan Pendapatan Asli Daerah (PA)D terbesar No 2 Nasional, serta pernah menempati No 3 tujuan investasi nasional dan Banten .

“Banten juga kaya akan intelektualnya bahkan saat ini wapres KH. Ma’ruf Amin adalah putra Banten dengan julukan Bapak Ekonomi Syariah Nasional,” ujar Hasan Gaido.

Banten juga memiliki kawasan wisata halal, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Halal atau kawasan industri halal.

“Dalam kesempatan ini kami berikan penghargaan kepada Gubernur Banten, WH sebagai Bapak Pembangunan Ekonomi Syariah Banten, karena KDEKS ini adalah yang pertama di nasional sebagai pionir.” ujar Hasan Gaido.

Diakhir pertemuan dalam sesi foto bersama, KDEKS menyerahan lukisan “Bapak Pembangunan Ekonomi Syariah di Banten” untuk Gubernur Banten, yang diserahkan langsung oleh Muhammad Hasan Gaido dan jajaran pengurus KDEKS.

“Terimakasih atas penghargaannya sebagai Bapak Pembangunan Ekonomi Syariah Banten dengan simbolis lukisan ini. Ayo kita sinergi membangun Banten,” tutup Wahidin Halim.

Tercatat hadir dalam kesempatan ini, para pimpinan ormas se-Banten mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) A.M. Romly selaku Ketua Umum, PW Nahdlatul Ulama, KH Bunyamin selaku Ketua Umum, PW Muhammadiyah, Dr. Syamsuddin selaku Ketua, Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP), KH Sulaeman Effendi selaku Ketua Presidium, Perkumpulan Urang Banten (PUB) H. Hasan Gaido selaku Waketum Bidang Perencanaan dan Anggaran dan Dr. Rizqullah selaku Waketum Bidang Ekonomi. Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Lili Romli selaku Ketua, Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia, Dr. Nihayatul Masykuroh selaku Ketua, Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI), Prof. Syafuri selaku Ketua, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Dr. Efi selaku Ketua.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.