Kamla Zona Maritim Timur Kembali Serahkan Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Pesisir

275

INAnews.co.id, Halmahera –Kamla Zona Maritim Timur kembali menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) kerja sama antara Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dengan Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk masyarakat pesisir, tepatnya di Desa Akegula, Kecamatan Obi, Provinsi Maluku Utara, Rabu (11/11/20).

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S.Sos., M.Si (Han) memimpin langsung pendistribusian Bansos ini dengan jumlah yang diberikan sebanyak 549 paket bantuan bahan pokok (sembako), 150 Alat Pelindung Diri (APD), 150 kacamata pelindung, 40 pelindung sepatu, 400 paket Rapid Test Antigen, dan 1353 masker.

Laksma Bakamla Arif Sumartono mengatakan Bansos ini merupakan lanjutan pemberian Bansos yang sudah direncanakan di tiga tempat. Sebelumnya pendistribusian pertama dilaksanakan di Desa Masika Kabupaten Seram Bagian Barat. “Dan Bansos ini disiapkan pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 untuk masyarakat pesisir yang terdampak,” Ujar Laksma Bakamla Arif Sumartono.

Dikatakannya, pemberian Bansos ditunjukkan bagi masyarakat pesisir yang memang belum pernah menerima bantuan sosial.

Lanjut Laksma Bakamla Arif Sumartono, proses penyaluran Bansos dilakukan berkat dukungan dari Pemerintah Kecamatan Obi sehingga apa yang menjadi target penerima Bansos benar-benar tepat sasaran.

“Diharapkan Bansos ini dapat membantu masyarakat pesisir dari dampak Covid-19. Tetap semangat dalam beraktifitas dilaut, perhatikan protokol kesehatan dengan 3 M(Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan),” pungkas Laksma Bakaml Arif Sumartono.

Usai kegiatan Bansos, Laksma Bakamla Arif Sumartono berkempatan bertemu dengan nelayan di Desa Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan. Pada kesempatan tersebut, Laksma Bakamla Arif Sumartono memberikan edukasi pentingnya keamanan dan keselamatan saat melaut.

Laksma Bakamla Arif Sumartono mengingatkan selain dokumen kapal para nelayan agar melengkapi kapalnya dengan alat keselamatan seperti pelampung dan life jacket mengingkat cuaca hujan angin kencang dapat terjadi kapan saja.

Diakhir pembekalannya, Laksma Bakamla Arif Sumartono membagikan life jacket Bakamla kepada nelayan.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.