Masa Pandemi Indonesia Urutan Ke 12 Pasar Gaming Online di Dunia

638

INAnews.co.id,Jakarta – Masa pandemi covid 19 ini ternyata memberikan dampak yang berbeda bagi industri e-sports dan online games.

Di Indonesia, selain terjadi peningkatan pada unduhan online games sebanyak 75% di kuartal pertama 2020 dibanding tahun sebelumnya, transaksi voucher online games yang berlangsung di platform digital juga semakin ramai.

Sehingga Indonesia menempati peringkat ke-12 di pasar gaming dunia dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang, dan diprediksi mencapai 100 juta di tahun 2020 ini.

Fenomena ini memberikan dampak signifikan terhadap penjualan voucher online games dari layanan Payment Point Online Bank (PPOB) milik OttoPay.

Otto pay adalah sebuah aplikasi solusi bisnis digital milik PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, yang berhasil meningkatkan rata-rata transaksinya hingga 10 kali lipat.

“Kami melihat bahwa online games yang semakin banyak penggemarnya selama masa pandemi ini akan menjadi lebih dari sekadar hobi, tetapi juga menumbuhkan potensi pemain game aktif yang nantinya berkontribusi dalam turnamen e-sports,” ungkap Product Business Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Tommy Renato pada senin 23 november 2020, secara virtual.

Lanjut Tommy, OttoPay melihat tren e-sports ini sebagai peluang untuk membantu mitra UMKM, dalam memanfaatkan fitur PPOB khususnya voucher online games agar dapat meningkatkan pemasukan mereka.

“Sejak Januari hingga Oktober 2020, kenaikan transaksi dari penjualan voucher online games mencapai 82% atau rata-rata 10 kali lipat. Hingga bulan Oktober, peningkatan mitra aktif terjadi sebanyak 400%, dengan momen paling signifikan pada bulan Mei 2020 yang mencapai 68%. Kami melihat trennya masih akan naik karena para developer games juga semakin aktif membuat promo-promo dan kompetisi yang diadakan berbagai pihak juga semakin banyak,” jelas Tommy Renato.

Dari lonjakan transaksi voucher online games oleh Mitra OttoPay yang tersebar di seluruh Indonesia, tercatat peningkatan paling besar terjadi di lima wilayah, yaitu DKI Jakarta (2.500%), Jawa Timur (1.800%), Sulawesi Selatan (1.300%), Banten (750%), dan Jawa Barat (540%).

Melalui fitur PPOB voucher online games ini, Mitra OttoPay bisa menawarkan voucher untuk Free Fire, Mobile Legend, Ragnarok, AOV, Speed Drifters, dan Battle Grounds. Dari semua games tersebut, Free Fire adalah yang paling banyak diminati dan menguasai lebih 70% dari keseluruhan transaksi voucher games online.

Ungkap Tommy , pendampingan bagi para mitra terutama dilakukan dengan menurunkan tim penjualan yang dapat mengedukasi mitra dalam menjalankan aplikasi, memberikan solusi untuk kendala teknis yang mungkin dihadapi.

“Mitra kami sebagian besar adalah pelaku UMKM berbentuk warung yang masih memerlukan banyak edukasi untuk penggunaan teknologi digital, oleh karena itu, kami senantiasa mendampingi. Beberapa pemilik warung juga merasa sangat terbantu untuk hal sederhana, seperti top-up dana pada aplikasi OttoPay mereka, karena ada yang kesulitan untuk meninggalkan warungnya dan melakukan top-up melalui ATM atau toko retail terdekat,” jelas Tommy .

Sekilas tentang Otto Pay

OttoPay merupakan penyelenggara penunjang sistem pembayaran yang telah memegang surat penunjukan Bank Indonesia tertanggal 29 Agustus 2018 No 20/329/DKSP/Srt/B.

OttoPay saat ini dapat digunakan sebagai aplikasi pembayaran non tunai moderen dengan menggunakan kode QR yang telah mengikuti standarisasi QR Indonesian Standard (QRIS) Bank Indonesia.

Komentar Anda

Your email address will not be published.