SPKKL Sambas Sosialisasi menghadapi Cuaca Buruk Pada Nelayan

304

INAnews.co.id, Sambas-Dalam menyikapi kondisi bahaya cuaca buruk Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Sambas Bakamla RI bersama Pos SAR Sintete dengan menggunakan unsur Catamaran-505 melaksanakan sosialisasi Himbauan kepada nelayan dan pengguna jasa laut untuk waspada terhadap bahaya cuaca buruk, Sambas, Sabtu (7/11/20).

Tak mengenal libur, kepedulian SPKKL Sambas memberikan himbauan kepada para nelayan dan pengguna jasa laut dengan berkeliling sekaligus membagikan selembaran himbauan agar waspada terhadap cuaca buruk belakangan ini. “Hal tersebut bukan tanpa dasar, karena telah terjadi beberapa kali musibah kapal karam yang menelan korban jiwa di perairan Kabupaten Sambas,” ujar Kepala SPKKL Sambas Mayor Bakamla Arief Purwantono, S.E.

Adapun isi selembaran himbauan tersebut terbagi 3 poin penting, pertama, himbauan terhadap kapal yang berisikan antara lain Cek Kondisi Bangunan Kapal, Cek Kondisi Ruang Bawah Garis Air, Cek Kondisi Peralatan Penanggulangan Kebakaran dan Kebocoran, Cek Kondisi Permesinan dan Sistem Pendukung Beroperasi Dengan Baik.

Kedua, himbauan terhadap penumpang dan ABK yang berisikan antara lain, Sediakan Swimvest, Cek Jumlah Personil di Kapal, Yakinkan Penumpang Mengetahui Lokasi Liferaft, Cek Jumlah Personel Jangan Melebihi Kapasitas.

Dan ketiga, himbauan terhadap muatan yang berisikan antara lain, Cek Benda-benda Yang Mudah Bergerak Agar Terikat Kuat, Tempatkan Barang Pada Posisinya dan Amankan (ikat), Cek Kondisi Muatan Agar Tidak Melebihi Kapasitas.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.