INAnews.co.id, Jakarta- Perusahaan mobil tertua asal Prancis, Peugeot, baru saja merilis logo dan identitas terbarunya. Logo baru ini merupakan logo kesebelas dalam sejarah perjalanan Peugeot.Perubahan logo memang bukan hal yang baru buat Peugeot. Sejak pertama kali didirikan pada 1810.
Perkenalan logo baru ini disiarkan secara langsung dari Prancis dan di ikuti media secara virtual dengan nama acara ” Peugeot New Brand Identity ” pada Kamis, 25/02/2021.
Pada logo sebelumnya adalah gambaran sosok singa jantan secara utuh dimana keempat kakinya terlihat secara utuh dengan bodi yang streamline, sedangkan logo yang terbaru cukup kepalanya saja.
Dalam logo baru ini terlihat auman mulutnya yang terbuka terlihat lebih jelas taringnya, kemudian nampak gulungan surai atau rambut di kepala singanya tampak makin gondrong.
Logo ini diciptakan oleh tim desain kebanggaan Peugeot, Peugeot Design Lab.
Logo ini diciptakan oleh brand Peugeot secara dinamis untuk ikut berpacu mengikuti perkembangan produk inovatif dan eksepsional. Selama satu dekade terakhir, seluruh jajaran produk Peugeot kian matang.
Logo baru, Peugeot memberi arti sebuah spirit dan memberikan gambaran makna masa lalu, masa kini, dan masa depan dari brand Peugeot. Logo terbaru ini juga kian menegaskan brand Peugeot secara global.
Logo ini menunjukan kebanggaan brand yang ‘timeless’. Lambang singa memiliki arti prestige, percaya diri, panjang umur, dan juga kehidupan turun temurun yang tidak lekang oleh waktu.
Dalam acara perkenalan logo baru itu, Linda Jakson sebagai CEO Peugeot,menegaskan bahwa Kekuatan baru dari Peugeot adalah “turn time into quality time” untuk konsumen.Tema ini diterjemahkan dalam tampilan laman resmi Peugeot, sehingga pengalaman konsumen dibuat lebih sederhana seperti logo, lebih imersif dan intuitif.
Selanjutnya Linda Jackson menambahkan, logo baru ini sudah dikembangkan ‘bahkan sebelum kami mulai memikirkan tentang Stellantis’. Stellantis adalah hasil merger antara induk Peugeot, grup PSA, dengan Fiat Chrysler Automobiles (FCA), yang diresmikan pada Januari lalu.
Di sisi lain, dia membantah jika logo Peugeot diganti karena saat ini bergabung dalam grup otomotif baru, Stelantis. Linda menyebut keinginan untuk mengganti logo Peugeot sudah berjalan sejak lama.”Ini murni keputusan dari Peugeot. Tidak ada pengaruh sama sekali dari Stelantis.
Kami juga tidak tahu apakah ada merek lain yang ada di Stelantis akan mengganti logonya,” imbuhnya.
Ditempat acara dan tempat yang sama Direktur Desain Peugeot, Matthias Hossann, mengungkapkan bahwa logo baru ini menjadi jembatan antara sejarah dan visi masa depan Peugeot. Peralihan logo menjadi dua dimensi menjadi langkah yang tepat karena akan lebih cocok digunakan di berbagai platform digital.
Sementara itu Direktur Pemasaran dan Komunikasi Peugeot Thierry Lonziano, mengatakan logo baru tersebut nantinya akan digunakan di mobil terbaru Peugeot, yakni Peugeot 308. Mobil ini akan dirilis dalam waktu dekat.
Peugeot 308 akan menjadi model pertama yang mengadopsi identitas baru. Gaya desainnya kemungkinan besar akan terinspirasi dari 2008, 208, dan 508.
Logo baru akan muncul pertama dalam materi promosi dan desain dealer, sebelum akhirnya digunakan di mobil baru. Seluruh dealer Peugeot dikatakan bakal memakai logo baru pada 2023, sementara mobil baru yang bakal memakai logo ini untuk pertama kalinya adalah hatchback 308.