Pendaftar THL Mencapai 15000, Dipimpin MMHH Kota Bitung Bakal Darurat Pengangguran

567

 

INAnews.co.id BITUNG– Fenomena membludaknya angka pendaftar sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota Bitung yang menembus angka 15000 lebih, hal ini mendakan tingginya angka pencari kerja saat ini, dan Kota Bitung sangat berpeluang menjadi Kota darurat pengangguran pada masa kepemimpinan MMHH dalam beberapa tahun kedepan.

Hal ini di ungkapkan Yanto Mandulangi saat dimintai tanggapan, terkait banyaknya pendaftar THL di Kota Bitung, di salah satu Cafe yang ada di Pusat Kota Bitung, Kamis 22 April 2021.

Menurut Yanto, saat ini THL bukan hanya sekedar pekerjaan tapi sebuah peluang, mengingat THL adalah salah satu point janji kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih MMHH kemarin yang paling manis jualannya, dengan pola perekrutan berbasis zonasi/dekat dengan tempat tinggal.

“Artinya keringat mereka yang berjuang dan memenangkan MMHH kemarin sangat layak mengisi pos pos kerja itu, hanya saja konstitusi kita menjamin hak yang sama bagi bagi setiap warga negara untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak sesuai pasal 27 ayat 2 UUD 1945”, ujar Yanto.

Yanto juga menambahkan, sebagai warga dia berharap Pemerintah Kota Bitung tidak berhenti sampai pada perekrutan THL karena masih banyak peluang pekerjaan yang ada di Kota Bitung.

“Harapan saya sebagai warga bitung, semoga sayembara kerja ini tidak hanya sampai pada THL saja, mengingat Kota Bitung dengan segala potensi ada, dan banyak peluang yang bisa dihadirkan untuk menciptaan lapangan kerja”, ungkap Yanto.

Lanjut Yanto, industri kreatif UMKM berbasis kelautan masih menjadi penghasilan utama masyarakat Kota Bitung, sehingga lapangan pekerjaan masih sangat banyak dan itu semua tidak lepas dari campurtangan Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Misalnya pengembangan industri kreatif UMKM Berbasis kelautan dan perikanan yang saat ini masih menjadi primadona kita selama ini, dan itu wajib di optimalkan dengan menyasar minat bakat para milenial di kota ini” beber Yanto.

Ditambahkannya Lagi, “jangan sampai Pemkot Bitung mendewakan program Bitung Kota digital dengan membelakangi potensi dan sumber daya laut kita yang luas dengan kata lainnya tak pandai mensyukuri, karena dari dahulu laut adalah sumber penghidupan utama Kota Bitung”, tutup Yanto.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.