Goodyear Kini Telah Rampungkan Akuisisi Cooper

156

INAnews.co.id, Jakarta – Goodyear Tire & Rubber Company (Nasdaq: GT) hari ini mengumumkan bahwa mereka telah merampungkan akuisisi Cooper Tire & Rubber Company, menyelesaikan perjanjian merger yang telah diumumkan pada 22 Februari lalu. Kombinasi ini menyatukan dua perusahaan ban terkemuka dengan portofolio produk, layanan, dan kemampuan saling melengkapi menjadikannya sebagai pemimpin industri ban global yang lebih kuat, berbasis AS. Perusahaan gabungan ini nantinya akan menawarkan lebih banyak pilihan di seluruh spektrum harga sehingga pelanggan dan konsumen semakin dimudahkan untuk memilih ban bermerek Goodyear dan Cooper.

Dalam siaran persnya secara tertulis pada Rabu (9/06/2021) Richard J. Kramer, Ketua, Chief Executive Officer dan Presiden Goodyear mengatakan “Kami sangat antusias untuk secara resmi menggabungkan Goodyear dan Cooper yang sekaligus akan menyatukan fokus kami kepada pelanggan, inovasi, serta produk dan solusi berkualitas tinggi. Kombinasi ini memperkuat kemampuan Goodyear untuk melayani lebih banyak konsumen secara global dan memberikan peningkatan skala investasi yang lebih besar mendukung solusi mobilitas dan armada baru”.

Dengan menyatukan Goodyear dan Cooper maka diharapkan dapat memberikan dampak seperti:

  • Memperkuat Posisi Terkemuka Goodyear di Industri Ban Global. Akuisisi ini akan semakin memperkuat posisi terdepan Goodyear di AS, sementara secara signifikan juga meningkatkan posisinya di pasar Amerika Utara lainnya. Di Cina, kombinasi ini hampir menggandakan kehadiran Goodyear dan meningkatkan jumlah hubungan dengan pembuat mobil lokal, sekaligus menciptakan distribusi yang lebih luas untuk ban pengganti Cooper melalui jaringan 2.500 toko ritel bermerek Goodyear.
  • Menggabungkan Dua Portofolio Merek Pelengkap dengan Penawaran Komprehensif di seluruh Spektrum Nilai. Perusahaan gabungan ini nantinya akan memiliki kesempatan memanfaatkan kekuatan Original Equipment Goodyear dan pasar ban pengganti premium, bersama dengan kekuatan kelas menengah dari merek Cooper, menambah kekuatan khusus di segmen truk ringan dan SUV.
  • Memberikan Manfaat Finansial yang Signifikan, Segera dan Jangka Panjang:
  • Sinergi dan Manfaat Pajak. Goodyear mengharapkan dapat mencapai sekitar $ 165 juta dalam sinergi biaya run-rate dalam waktu dua tahun. Sebagian besar sinergi biaya akan terkait dengan tumpang tindih fungsi perusahaan dan hasil fisiensi operasional. Selain itu, kombinasi ini diharapkan menghasilkan net present value (NPV) sebesar $450 juta atau lebih dengan memanfaatkan atribut pajak A.S. Goodyear yang tersedia. Atribut pajak ini diharapkan dapat mengurangi pembayaran pajak tunai perusahaan, memposisikannya untuk menghasilkan arus kas bebas tambahan. Sinergi biaya yang diharapkan tidak termasuk penghematan terkait manufaktur.
  • Laba dan Neraca Keuangan. Akuisisi ini diharapkan akan menambah laba per saham dalam satu tahun penuh pertama setelah penutupan, sedikit meningkatkan posisi neraca Goodyear dan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk melakukan de-lever.
  • Menciptakan Nilai Tambah dari Manufaktur dan Distribusi. Peluang untuk perluasan fasilitas Cooper tertentu diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas modal. Peluang pertumbuhan pendapatan tambahan diharapkan dihasilkan dari penambahan merek Cooper ke jaringan distribusi global Goodyear.
  • Meningkatkan Skala untuk Mendukung Investasi dalam Mobilitas dan Solusi Armada Baru. Sebagai pemimpin industri di A.S., perusahaan gabungan ini akan menawarkan produk ban dan berbagai pilihan layanan melalui hubungan Goodyear dengan produsen mobil untuk Original Equipment tradisional dan yang sedang berkembang; pengembang sistem mengemudi otonom; operator armada baru dan mapan; serta platform mobilitas lainnya.

Dengan model bisnis, struktur organisasi, dan saluran distribusi yang saling melengkapi, Goodyear akan mengintegrasikan semua yang terbaik dari Goodyear dan Cooper untuk memberi manfaat bagi pemegang saham, pelanggan, konsumen, dan karyawannya.

Sebagai akibat dari penutupan, saham biasa Cooper akan berhenti diperdagangkan di Bursa Efek New York.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.