KSBSI dan YAPUNASA Jalin Kerjasama Wujudkan Keinginan Buruh Untuk Bisa Menempuh Perkuliahan Sambil Bekerja

576

INAnews.co.id, Jakarta – Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. Bahkan dalam dunia Pendidikan sangat penting untuk menggapai karir. Seperti halnya masyarakat di perkotaan sangat mengedepankan Pendidikan.  Eksistensi Pendidikan juga sangat diperhatikan didalam masyarakat. Misalnya seseorang yang tidak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pasti dilihat dari sudut pandang masyarakat yang kurang mengenakkan. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kuliah itu sangat penting untuk menimba ilmu.

Tak bisa dimungkiri, waktu dan biaya menjadi kendala yang harus dihadapi lulusan SMA/SMK saat bekerja sambil kuliah. Kendala tersebut membuat mereka ragu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.  sebetulnya lulusan SMA/ SMK bisa dan mampu melanjutkan kuliah. Hanya saja, mereka harus memiliki komitmen dan manajemen waktu yang baik jika ingin lulus tepat waktu tanpa harus mengorbankan pekerjaan.

Hal inilah yang mendasari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI ) Bekerjasama dengan Yayasan Pundi Nasional Abadi (YAPUNASA), karena ini adalah merupakan perwujudan keinginan KSBSI  dan YAPUNASA melahirkan mahasiswa yang berasal dari anggota KSBSI  agar dapat menempuh pendidikan lebih lanjut dibangku kuliah yang pada akhirnya bisa memiliki legalitas pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kerjasama ini juga merupakan perwujudan dan bentuk dukungan KSBSI  dan YAPUNASA pada program Kampus Merdeka yang di canangkan oleh Kementerian Pendidikan.

Maka tepat pada Selasa (01/06/2021) saat bangsa Indonesia memperingati hari lahir Pancasila, pada hari itulah terjadi Penandatanganan kesepakatan kerjasama (MOu ) antara Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) dengan  Yayasan Pundi Nasional Abadi (YAPUNASA) untuk program 1 juta sarjana bagi buruh.   MOu ditandatangani oleh Presiden DEN KSBSI Elly Rosita Silaban dan Sekjen DEN KSBSI Dedi Hardianto serta  Prof. Dr. Untung, SE.,MM.,Msi Selaku Ketua Dewan Pembina YAPUNASA. Setelah penandatanganan selesai, acara dilanjutkan dengan Talkshow atau bincang bincang seputar keinginan program KSBSI untuk memberikan kesempatan pada buruh yang tergabung dalam KSBSI bisa kembali menempuh pendidikan untuk kembali kuliah sambil bekerja.

Dalam kesempatan Penandatanganan itu Elly Rosita Silaban  menyampaikan, “kerjasama antara KSBSI dan YAPUNASA  terdiri dari dua hal yaitu kerjasama program Stimulus dalam pembiayaan perkuliahan dan Penyelenggaraan pendidikan dengan mahasiswa yang berasal dari keanggotaan KSBSI.   Saat ini merupakan era kolaborasi dalam dunia pendidikan, dimana perguruan tinggi saling bekerjasama dengan organisasi yang memperhatikan anggotanya yang bertujuan membangun SDM Indonesia yang unggul. Hal ini sejalan dengan kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Sepanjang kerjasama ini bisa  memberikan manfaat untuk kaum buruh yang tergabung dalam KSBSI dalam meningkatan potensi diri,peningkatan skill dan kemampuan serta pengetahuan dalam diri seorang buruh sehingga bisa menghadapi persaingan dalam dunia kerja, saya selaku Presiden DEN KSBSI mendukung program kerjsama ini “. Ujar Elly Rosita menambahkan.

Sementara itu Dedi Hardianto selaku Sekjen DEN KSBSI menyatakan bahwa dirinya menyambut baik dan mendukung kerjasama antara KSBSI dengan YAPUNASA, dengan program 1 juta sarjana bagi buruh. Mengutip pesan dari presiden, Dedi hardianto juga menyampaikan bahwa pada hari lahir Pancasila  1 Juni 2021, Presiden Joko Widodo menyatakan pendidikan itu harus memerdekakan masyarakat. Pesan ini dimaknai bahwa pendidikan tidak boleh dikotak-kotakkan, pendidikan tidak bersifat eksklusif namun inklusif. Kerjasama antara KSBSI dan YAPUNASA  menjadi pelopor untuk serikat buruh lain agar bisa memberikan kesempatan bagi kaum buruh  untuk menempuh pendidikan kuliah sambil bekerja guna mencetak SDM yang unggul demi Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang maju. Pendidikan menjadi modal penting bagi seseorang dalam meraih jenjang karir atau peluang pekerjaan impian. Bila kita masuk dalam sektor pekerjaan formal, nyaris semuanya akan mensyaratkan tingkat pendidikan tertentu bagi calon pekerjanya. Semakin tinggi level pendidikan, maka semakin tinggi pula jabatan atau karir yang bisa didapat.

Begitu pula dengan Prof. Dr. Untung, SE.,MM.,Msi Selaku Ketua Dewan Pembina YAPUNASA menyampaikan, “di saat  ini, kita ingin supaya setiap buruh bisa belajar dan menempuh pendidikan lagi dengan kuliah sesuai keinginan dengan memadukan jam kerja dan jam perkuliahan, dengan kolaborasi ini nantinya mahasiswa bisa mendapatkan sebaik-baiknya dalam menyiapkan masa depan. Kami ingin berkontribusi dengan keunggulan  masing-masing. Fokusnya saling menguatkan, sehingga sustainability setiap institusi semakin terdepan bersama sama untuk pemulihan ekonomi dan kemajuan pendidikan bagi kaum buruh. Kerjasama pendidikan antara KSBSI dan YAPUNASA merupakan hajat bersama dalam rangka meningkatkan kompetensi buruh untuk mendukung program pemerintah dalam mensukseskan Pembagunan Nasional khususnya dalam dunia pendidikan.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.