Sungai Watch , Jaga Sampah Sungai Yang Ada di Bali

371

INAnews.co.id , Bali – Aktivitas perlindungan sungai yang Gary lakukan banyak mendapat sorotan ketika videonya bersama adik laki-lakinya (Sam) saat mendayung dua kayak yang terbuat dari botol plastik di Sungai Citarum pada 2017 silam, viral di media sosial.

“Karena hal itu, kami kemudian mendapat perhatian dari Presiden Jokowi untuk menginspirasi operasi bersih-bersih terbesar dalam sejarah,” katanya dalam rilis yang diterima Redaksi pada 22 juli 2021.

Kemudian di tahun 2019,  kemudian muncul lagi dengan sebuah gerakan bernama Sungai Watch, dimana sebuah program pembersihan dan perlindungan sungai-sungai yang ada di Bali.

Melalui gerakan ini, mereka menguji coba berbagai penghalang sampah atau trash barrier yang berguna untuk mencegah sampah plastik mengalir ke laut.

Sejauh ini, mereka telah berhasil memasang tiga buah penghalang sampah di berbagai lokasi di Bali.

Untuk target jangka pendek, mereka ingin memasang 25 penghalang sampah sampai akhir tahun 2020, dan 100 penghalang sampah di akhir tahun 2021.

Selain memasang penghalang sampah, Gary dan para relawan juga rutin melakukan operasi bersih-bersih sampah di sungai-sungai Bali setiap minggunya.

Sampah-sampah yang mereka kumpulkan kemudian dipilah dan disortir di markas besar Sungai Watch yang berlokasi di Desa Tumbakbayuh, Mengwi-Badung.

Pemilahan sampah dilakukan sebagai bagian dari River Plastic Report atau laporan sampah plastik yang akan mereka rilis dalam waktu dekat.

Setiap jenis plastik disortir untuk melakukan audit merek guna melihat siapa merek atau perusahaan yang paling berpolusi.

“Salah satu masalah terbesar di Indonesia terkait sampah plastik adalah kurangnya data yang tersedia,” katanya.

“Jadi kami ingin mengetahui secara pasti sumber pencemaran plastik di sungai, agar kami bisa mendaur ulangnya secara lebih baik dan bisa memulai percakapan tentang apa yang seharusnya menjadi topik yang lebih besar, yaitu pengolahan limbah dan infrastruktur yang layak dalam mengatasi material plastik ini,” pungkasnya.

 

 

Reporter & Foto : Mario JR – INAnews

Komentar Anda

Your email address will not be published.