FSB Nikeuba – KSBSI : Kemana Wakil Rakyat Saat Buruh Dihantam Pandemi Covid-19

720

INAnews.co.id. Jakarta – Seluruh fraksi dan anggota DPR sepatutnya menunjukkan kualitas sebagai wakil rakyat. Sebab sampai dengan saat ini pandemi Covid-19 begitu masif menyebar di daerah-daerah. Maka persoalan penanganan Covid-19 tidak boleh  lepas dari perhatian DPR dan saatnya anggota DPR sebagai wakil rakyat harus membantu pemerintah dalam penanganan persoalan bangsa ini.

DPR dengan kewenangan yang dimiliki harus memperkuat upaya pemerintah menangani pandemi Covid-19, mengawal program vaksinasi Covid-19, mempercepat pemulihan sosial dan ekonomi rakyat, serta memastikan keberlanjutan pembangunan nasional dan penyelenggaraan pemerintahan.

“Saya meminta inilah saatnya Wakil rakyat itu harus bisa menyatu dengan yang diwakili apalagi saat pandemi seperti saat ini yang sudah berlangsung sejak Maret 2020 sampe dengan saat ini Juli 2021. Wakil rakyat harus peka terhadap problema masyarakat di akar rumput saat pandemi dan adanya pemberlakuan PSBB lalu PPKM Mikro dan PPKM Darurat yang nyata nyata menghantam masyakat kecil, para pekerja dan buruh pabrik”. Kata Bambang SY Kepada INAnews, Minggu 25/7/2021.

Bambangn SY yang saat ini menjabat di DPP FSB Nikeuba- KSBSI sebagai Ketua Deputi Bidang Konsolidasi menambahkan “Para wakil rakyat harus memiliki empati kepada kaum pekerja/buruh  di tengah pandemi. Lebih bijaksana manakala para wakil rakyat juga bisa  melakukan pendampingan kepada pekerja/buruh terkait ancaman terjadi PHK akibat adanya pandemi  atau adanya buruh yang dirumahkan karena terpapar covid-19 dan tidak mendapat upah/gaji”.

Di masa pandemi seperti ini peran wakil rakyat harus maksimal. harus tetap melakukan penguatan karakter kepada masyarakat pekerja/buruh  untuk selalu hidup sehat. Covid-19 harus dimaknai oleh wakil rakyat untuk selalu menggelorakan perilaku sportif dan inspiratif. Semangat bersama sama masyarakat untuk menjalankan Protokol kesehatan. Sesuai pesan Ibu untuk memakai masker, cuci tangan, social distancing dan juga phsycal distancing harus menjadi perilaku sehat.

Bambang SY, Komandan Panser Nasional – KSBSI ( photo : dok KSBSI)

Saatnya Wakil Rakyat Beri Perhatian Pada Dapilnya

Bambang SY yang juga menjabat sebagai Komandan Panser nasional KSBSI, menegaskan,Para wakil rakyat harus membantu menghadirkan solusi yang nyata dalam menangani pandemi covid-19  serta dampak sosial dan ekonomi yang muncul. Panggilan kemanusiaan itu bisa dimulai dengan mengaktifkan dirinya dengan membantu masyarakat di daerah dimana dia terpilih sebagai wakil rakyat. Kegiatannya bisa berupa membantu masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan ekonomi akibat menurunnya aktivitas perekonomian akibat PSBB terkait covid-19. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak pandemi covid-19 yang tidak hanya menyangkut masalah kesehatan, namun juga persoalan ekonomi masyarakat.

“Mari kita tunaikan nilai Pancasila dan Bendera Merah Putih dimasa Pandemi saat ini, kita harus realisasikan dalam bentuk rasa empati senasib sepenanggungan. Salah satu solusi yang solutif dengan membantu masyarakat baik itu yang terkonfirmasi dan sedang isolasi mandiri, serta yang terdampak pertahanan ekonominya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya karena PPKM Darurat ini,”

Karena itu, saat sulit seperti sekarang ini dinilai sebagai waktu yang tepat bagi para wakil rakyat untuk berbuat dari dirinya sendiri untuk rakyat. Wakil Rakyat selalu berbicara atas nama rakyat. Saat ini wakil rakyat wajib berbuat dari diri sendiri untuk rakyat.

“Para wakil rakyat  bisa memberikan solusi membantu mengatasi ribuan, bahkan ratusan ribu atau mungkin sudah jutaan masyarakat pekerja/buruh yang kurang mampu saat ini wajib menjalani Isoman. Kedua membantu masyarakat pekerja/buruh terdampak PPKM darurat yang kondisi ekonominya semakin sulit untuk kebutuhan makan sehari-hari, Ayo Berbuat Nyata Untuk Pendukungmu, Yang Dulu Memilihmu,” Pungkas Bambang SY.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.