Jaga Prokes, DKM Masjid Asy Syifa Villa Dago Tol, Sembelih Hewan Qurban Sapi Dan Kambing

42

INAnews,.co. id, Tangerang Selatan  – Warga Komplek Perumahan Villa Dago Tol melalui DKM Masjid Asy Syifa, Kel Sarua, Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan melaksanakan pemotongan hewan qurban berupa sapi dan kambing di Hari Raya Idul Adha 1442H/2021M.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban diadakan di Lapangan Merak RW 20 di komplek perumahan tersebut, Selasa (20/07/2021) selepas shalat Idul Adha.

Ketua Panitia Qurban Ferry mengatakan, kegiatan ini untuk memperkuat keimananan kita terhadap sesama, terlebih ditengah wabah pandemi COVID-19.

“Untuk tahun ini kita menerima hewan qurban, seperti sapi sebanyak 20 ekor dan 36 ekor kambing yang sebagian besar hewan qurban dari warga perumahan ini, tetapi ada juga dari warga luar perumahan yang berniat secara iklash berqurban di tempat ini. katanya.

” Sebagian hewan qurban kambing, sebanyak 22 ekor kita serahkan kepada warga di luar Komplek Perumahan. Hewan itu kita sembelih di sini, selanjutnya dibawa dan diserahkan kepada warga diluar komplek.” jelasnya.

Disampaikan Ferry, untuk menghindari terjadinya kerumunan, kita membagi panitia qurban perkelompok, meliputi penyembelihan, pengulitan, pembuangan kotoran, potong daging, potong tulang dan daging, bungkus daging, dan tim pendistribusian daging kepada warga.

” Untuk sapi, kita serahkan ke pemotongan/tempat penjagalan di dua tempat yaitu Daan Mogot dan Nusa Indah dengan tujuan untuk mencegah kerumunan warga dan mengantipasi penyebaran Covid-19.” jelasnya.

Ia mengatakan, daging qurban yang sudah dibungkus oleh pihak panitia, nantinya akan di distribusikan kepada 421 KK di RW 20 dan 150 KK untuk warga RW 21 yang berhak menerima.

” Untuk proses pendistribusian pun, tidak dilakukan dengan berkerumun, melainkan panitia qurban bekerjasama dengan Ketua RT setempat untuk mengantarkan langsung ke rumah para mustahik dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,”ujarnya.

” Karena itu, para penerima hewan kurban atau mustahik tak perlu mengantre di tempat pemotongan hewan saat Idul Adha nanti. Hal itu untuk mencegah munculnya kerumunan warga serta penerima kurban di lokasi yang bisa jadi sarana penularan Covid-19.” terangnya.

Sedangkan, Ketua RW Marna didampingi Satgas Covid-19 tingkat RW/RT, menjelaskan, dalam pelaksanaan pemotongan Qurban, kita tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

” Untuk pemotongan hewan qurban, yang bisa masuk ke area pemotongan hanya panitia qurban. Sebelum pemotongan hewan qurban, sudah kita sosialisasikan/sampaikan kepada warga, tidak perlu datang ke area pemotongan karena pembagian daging qurban akan kita salurkan secara door to door, “jelas Ketua RW.

Dikatakan Marna bahwa warga perumahan kita, yang berasal dari berbagai daerah dan lapisan tetap akan mendapatkan daging qurban termasuk warga yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) akibat terpapar Covid-19.

Dilokasi pemotongan,kata Marna, anggota satgas Covid-19 tingkat RW/RT juga turun langsung untuk melakukan pemantauan, sekaligus mengingatkan panitia qurban untuk tetap menjalankan prokes.

Sementara itu, Budi Prayogo anggota DPRD Prov Banten yang juga warga perumahan tersebut menjelaskan bahwa, Qurban dilaksanakan selain mendekatkan diri kepada Allah, tujuan berqurban adalah bersedekah dan berbagi kepada yang kurang mampu.

Menurutnya, berqurban bisa menjadi ladang pahala lebih apabila seluruh daging kurban disedekahkan ke orang-orang yang membutuhkan.

” Meski di tengah pandemi yang semuanya serba dibatasi, namun semangat masyarakat khususnya warga Perumahan Villa Dago Tol melalui DKM Masjid Asy Syifa memilik semangat dan kepedulian untuk berbagi dengan cara berkurban di Idul Adha tahun ini,” kata Budi Prayogo.

“Alhamdulillah, ditengah pandemi Covid-19, tingkat kesadaran masyarakat untuk berqurban patut kita apresiasi di perumahan ini,” terang Budi Prayogo kepada media.

Pantauan dilokasi, terlihat hadir Ketua panitia Bapak Ferri, Ketua DKM Masjid Asy Syifa, anggota DPRD Prov Banten Budi Prayogo, Ketua RW 20 Marna dan anggota Satgas Covid-19 serta panitia qurban. (lgg)

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.