Aplikasi TOKKO Hadir, Guna Tingkatkan Kesejahteraan UMKM dan Dorong Perekonomian Digital

544

INAnews.co.id, Bandung – Masih banyaknya UMKM di Indonesia yang mengelola bisnis secara manual dan memerlukan transfirmasi digital ekonomi dengan cara yang mudah dipahami dan dijakankan.Akses teknologi yang belum terjangkau dan memahami betul cara memanfaatkanya.

Dilatarbelakangi kondisi inilah sekelompok anak muda dibandung meluncurkan sebuah Aplikasi digital bernama “ TOKKO”, Peluncuran platform digital ini dilaksanakan secara virtual pada Sabtu (25/9/2021). Dalam peluncuran itu turut hadir Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat membuka platform Tokko di Bandung, Jawa Barat secara virtual.

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, yang turut membuka peluncuran platform Tokko di Bandung, Jawa Barat.

Pada acara peluncuran Tokko di Bandung  yang dilakukan secara virtual di hadapan para pelaku UMKM yang hadir,  Ridwan Kamil  menyampaikan  bahwa “Hari ini merupakan peristiwa yang sangat penting sekali, karena orang-orang yang hadir saat ini adalah orang-orang yang tengah beradaptasi untuk meraih kesuksesan. Saya doakan semua yang hadir adalah kelompok yang mau berubah, mau beradaptasi, mau belajar, untuk mendapatkan kesuksesan di masa depan.”

“Platfrom digital yang disebut Tokko ini menjadi gerbang utama untuk meraih kesuksesan di dunia digital”, Ujar Gubernur Jawa Barat ini untuk menyakinkan peserta yang hadir secara virtual.

Dalam kesempatan yang sama Lorenzo Peracchione selaku Founder & CEO Tokko, mengajak para pelaku UMKM untuk mengambil kesempatan ini dalam mengembangkan bisnis di platform digital melalui aplikasi Tokko yang bisa diunduh di Google Play Store.

Lorenzo Peracchione, Founder & CEO Tokko.

“Tokko adalah platform yang bisa digunakan pedagang dengan mudah untuk membangun bisnis online mereka. Tokko membuka akses ke konsumen sehingga pedagang akan mudah meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat. Kami tim Tokko akan mendukung Anda semua. Karena kami percaya bahwa bisnis Anda, brand Anda, dan pelanggan Anda, adalah kunci kesuksesan,” ujar Lorenzo.

Sementara itu Bobby Silalahi, VP Community Tokko, menyampaikan 9 dari 10 UMKM yang masih aktif mengakui bahwa pandemi berkepanjangan mempengaruhi pendapatan mereka secara signifikan. “Tapi di balik semua ini kami melihat secercah harapan. Menurut riset dari Google di akhir 2020, sektor pertumbuhan ekonomi digital Indonesia menunjukkan pertumbuhan pesat. Sektor ini tumbuh 11% dibanding 2019. Riset ini juga menunjukkan dalam 3 tahun ke depan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia akan tumbuh sekitar 3 kali lipat. Inilah kenapa go digital adalah jalan yang tepat,” ungkapnya.

Bobby Silalahi, VP Community Tokko.

“Berjualan di e-commerce mirip seperti berjualan di pujasera, semua toko terlihat serupa dengan menu yang hampir sama. Kalau ada satu menu yang kemahalan, maka pelanggan akan pindah ke lapak dengan harga lebih murah,” tutur Bobby memberikan gambaran situasi pedagang online yang terjebak pada siklus perang harga yang tidak berujung.

Arlan Andhika, VP Business Development Tokko, menyampaikan “Brand yang sudah besar seperti Adidas, maupun brand legendaris Bandung memiliki website resmi mereka sendiri, untuk bisa mengendalikan bisnis mereka dan konsumen mereka. Tidak hanya brand besar dan legendaris, tapi juga brand baru seperti D.F.o Bandung milik Dendy Darman Founder unkl347 yang mempercayakan flagship store mereka di dalam aplikasi Tokko,” terangnya.

Arlan Andhika, VP Business Development Tokko.

Melalui aplikasi Tokko, pelaku UMKM bisa membuat website resmi mereka sendiri hanya dengan bermodalkan smartphone saja. Salah satu keunggulan dari memiliki website resmi sendiri adalah, identitas brand pelaku UMKM akan tertap terjaga. Ini jelas berbeda dengan berjualan di e-commerce atau marketplace yang hampir tidak memperhatikan branding.

“Lalu yang paling penting, setelah memiliki website resmi, kita akan membangun hubungan yang terus-menerus dengan pelanggan. Dengan Tokko ada fitur daftar pelanggan yang memudahkan kamu menghubungi pelanggan setia kamu,” terang Radix Juniardi Hidayat, Lead Product Manager Tokko.

Selain itu Tokko juga sudah terintegrasi dengan berbagai macam opsi pengiriman baik regular, ekspres, same day, sampai instan yang disediakan oleh partner logistik mereka. Fitur terbaru dari Tokko yang tidak didapatkan di platform lainnya adalah, para pelaku bisa mengelola iklan online yang sudah terintegrasi dalam platform Tokko seperti iklan Facebook, Instagram, dan Google untuk menjangkau pelanggan baru.

Selain itu, Tokko juga bekerjasama dengan Kaya ID untuk memajukan UMKM melalui bimbingan dan pelatihan branding yang kuat di Kaya ID selaku inkubator bisnis.

Nita Kartika Sari, CEO Kaya ID menegaskan bahwa memiliki toko online resmi adalah kunci menuju kesuksesan, “Karena dengan menggunakan fitur di dalam Tokko, kita bisa tahu konsumen kita kesukaannya apa saja, produk yang paling disukai apa saja, semua data konsumen kita ketahui. Selain biaya platform yang dikenakan di Tokko memang tidak semahal e-commerce atau marketplace lainnya,” Pungkas Nita.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.