Hak Koreksi dan Hak Jawab Terkait Berita Diduga Wali Kota Terlibat Dalam Skandal Diskominfo Bitung

428

INAnews.co.id, Bitung – Redaksi hari ini Kamis 14 oktober 2021, menerima surat dengan perihal Hak Koreksi dan Hak Jawab dari Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bitung yang beralamat Kompleks Kantor Wali Kota, Jalan Samratulangi , Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Surat berkop Pemerintah Kota Bitung Dinas Komunikasi dan Informatika itu dikirim dari Kota Bitung pada tanggal 14 Oktober 2021, ditujukan kepada Pimpinan Redaksi Media Online INAnews.co.id di Jakarta dengan nomor surat No : 184/KOMINFO/BTG/X-2021.

Dalam surat tersebut yang dikirimkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bitung menyampaikan Hak Koreksi dan Hak Jawab sebanyak 4 point terkait pemberitaan pada INAnews.co.id pada hari Rabu 13 Oktober 2021 dengan judul ;
“Diduga Wali Kota Terlibat Dalam Skandal Diskominfo Bitung”

Berikut ini Redaksi INAnews.co.id muat secara utuh Hak Koreksi dan Hak Jawab yang tertuang dalam surat tersebut.

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya pemberitaan di media saudara pada link

https://www.inanews.co.id/2021/10/diduga-wali-kota-terlibat-dalam-skandal-diskominfo-bitung/

tanggal 13 Oktober 2021, dan berdasarkan kode etik maka dengan ini kami menyampaikan hak koreksi dan hak jawab kami atas pemberitaan dimaksud sebagai berikut:

1. Untuk hak koreksi kami memohon untuk kiranya judul berita dapat dikoreksi agar tidak bersifat menghakimi pihak Wali Kota Bitung. Sebab, Wali Kota Bitung tidak melakukan “skandal” dan tidak ada skandal di Dinas Kominfo Kota Bitung.

2. Sebagai hak jawab kami, dapat disampaikan hal-hal berikut:
Bahwa dokumen kerja sama antara Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bitung dengan xmanadonew.co.id ditandatangani pada bulan April 2021 sementara di bulan yang sama hingga akhir September tidak ada pernyataan bahwa media dimaksud tidak memiliki pemimpin redaksi.

3. Sementara di box redaksi media sampai saat ini masih mencantumkan nama Pemimpina Redaksi saudara Recky Simboh. Sedangkan pernyaaan saudara Recky Simboh bahwa beliau tidak lagi sebagai pemimpin redaksi baru diserahkan ke Dinas Kominfo pada tanggal 1 Oktober 2021. Namun ketika diminta bukti pernyataan/permohonan pengunduran dirinya ke pihak pimpinan perusahaan media pengelola xmanadonew.co.id, saudara Recky Simboh tidak bisa memberikan bukti karena tidak pernah menyatakan mengundurkan diri secara resmi dan tertulis. Dengan demikian, pernyataan pengunduran diri saudara Recky Simboh tidak dapat berlaku mundur sampai sebelum kontrak kerja sama dilakukan. Bahwa tudingan ada “skandal” penipuan dokumen negara adalah tidak berdasar dan bersifat opini dan interpretatif wartawan. Sebab, tidak ada dokumen negara yang ditipu dalam kerja sama media xmanadonew.co.id dengan pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bitung. Bahwa tudingan walikota mengintervensi dan terlibat “skandal” bersifat tendensius karena semua dokumen penawaran kerjasama media ditujukan ke wali kota Bitung untuk didisposisi dan diteruskann ke Dinas Kominfo. Bukan ditujukan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bitung sehingga wali kota harus mengintervensi.

4. Kami memohon kiranya hak ini dapat dilakukan sesegera mungkin selambat-lambatnya 1 x 24 sejak hari ini atau 2 x 24 jam terhitung sejak berita dipublikasi, dengan mencantumkan link berita yang dikoreksi dan dijawab.
Kepada media lain yang turut memberitakan hal ini, kiranya pihak inanews.co.id dapat menyampaikan hal ini dalam waktu sama.

Demikian penyampaian hak koreksi dan hak jawab kami, dengan harapan pihak xmanadonews.co.id dapat melaksanakannya demi penegakan aturan di bidang pers. Atas kerja samanya kami sampaikan terima kasih.

 

a.n. Kepala Dinas Kominfo,
Kepala Bidang Layanan Informasi
Humas dan Persandian,

Drs. semuel muhaling
NIP 19640918 1991 03 1 009

Tembusan:

Disampaikan dengan hormat kepada

1. Bapak Wali Kota Bitung (sebagai laporan)
2. Arsip.

 

Jawaban Hak Koreksi ;

Terkait dengan surat Hak Koreksi dan Hak Jawab dari Diskominfo Pemkot Bitung , Redaksi sudah melakukan Koreksi pada berita yang di tayangkan pada Rabu 13 Oktober 2021.

Dimana judul sebelumnya

“Diduga Walikota Terlibat Dalam Skandal Diskominfo Bitung”

menjadi judul dan link berita

“Walikota Sebagai Disposisi Pada Kerjasama Media di Diskominfo Pemkot Bitung”

 

Demikian disampaikan dan terima kasih .

 

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.