Tips Dari Oil Federal : Keuntungan Penggantian Oli Berkualitas Secara Rutin

954

INAnews.co.id, Jakarta – Oli mesin memiliki fungsi utama sebagai pelumas, sehingga gesekan antara komponen-komponen dalammesin lebih halus dan tidak cepat aus. Beberapa fungsi lainnya adalah untuk membersihkan kotoran pada komponen didalam mesin, mendinginkan mesin, serta mencegah karat pada mesin.

Melihat fungsi-fungsi tersebut, bisa dikatakan oli memiliki banyak manfaat untuk mendukung kinerja mesin kendaraan atau motor. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan oli mesin selalu dalam kondisi baik.

Seiring dengan berjalannya waktu, kinerja oli mesin akan semakin menurun, dan nantinya akan mempengaruhi kinerja mesin motor Anda. Untuk alasan ini lah penggantian oli mesin perlu dilakukan secara rutin.

Dengan memastikan oli selalu dalam kondisi baik, maka kinerja mesin motor Anda akan tetap maksimal. Jangan lupa mengganti oli secara rutin dan berkala dan memakai oli berkualitas juga sangat disarankan.

Dalam acara NGOVSAN FORWOT Bersama Federal Oil Indonesia pada Rabu (13/10/2021) Hasril Arsyad selaku  GM Marketing PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) menjelaskan, Sebaiknya para pengguna motor harus membeli produk oli mesin yang terjamin ke asliannya, pemilik motor harus mengenali setiap tanda-tanda ke aslianya yg dimiliki masing-masing produk.

“Seperti yang dimiliki oleh produk dari Federal oil, pada produk Federal oil, ciri dan tanda keasliannya sangat banyak di bubuhkan pada kemasan”. Tegas Hasril.

Lebih lanjut Hasril menjelaskan bahwa pada kemasan produk Federal Oil terdapat Laser print pada kemasan Federal Oil tercetak rapih, kode produksi (no produksi) yang terletak pada tutup botol bagian atas, serta label Federal Oil sudah terdapat QR Code dan logo SNI, hal ini untuk melindungi konsumen mendapatkan oli asli bukan oli palsu.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Nurudin selaku Technical Trainer PT PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) menambah informasi bahwa  sampai saat ini Federal oil memiliki line up untuk jenis motor, dari Skutik sampai Moge.

“Oli Federal memiliki teknologi visco elastic molecules, yang berfungsi untuk menigkatkan kinerja dan akselerasi mekanikal, sehingga tarikan menjadi ringan. Karena gesekan rendah pada mesin sehingga otomatis kinerja mesin akan menjadi ringan, pemakaian bahan bakar pun menjadi lebih hemat,” lanjut Nurdin.

Hal yang terpenting adalah penggantian oli secara rutin, karena Jika oli yang digunakan melebihi jangka waktu yang ditentukan, kekentalan oli sudah tidak stabil lagi, sehingga akan mempengaruhi performa mesin, jika oli telat diganti, tarikan motor akan terasa berat, boros bahan bakar dan bisa merusak komponen di dalam mesin.” Tutup Nudin.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.