Lewat Kampanye Berbagi Kebaikan, Lifeboy Ajak Masyarakat Indonesia Peduli Kanker

647

INAnews.co.id, Jakarta – Peringati Hari Anak Internasional, Lifebuoy Shampoo produksi PT Unilever Indonesia, Tbk. hari ini meluncurkan kampanye Berbagi Kebaikan.

Mengawali kampanye ini, Lifebuoy Shampoo berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengajak berbagi kebaikan dengan para pejuang kanker.

“Sebagai brand perawatan rambut yang begitu dekat dengan keseharian keluarga Indonesia, Lifebuoy Shampoo memiliki purpose untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak sejak dini. Hal ini semakin penting di tengah fakta bahwa physical distancing yang dialami anak-anak selama pandemi berlangsung telah berdampak besar pada perkembangan sosial mereka,” ungkap Agus Nugraha, Head of Marketing Hair Care PT Unilever Indonesia, Tbk.

Seorang terapis keluarga di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pandemi membuat anak kehilangan kesempatan untuk membangun keterampilan sosialnya, seperti kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya, memecahkan masalah, hingga berlatih memiliki sikap empati.

Penelitian dari Universitas Negeri Yogyakarta juga menemukan bahwa selama pandemi 96% anak mengalami penurunan terkait pencapaian aspek perkembangan sosial emosi, terutama dalam segi perkembangan perilaku prososial, atau yang secara awam disebut perilaku tolong menolong.

Anna Surti Ariani, Psikolog Klinis Keluarga, menanggapi, jika kemampuan berempati dan perilaku tolong menolong ini tidak dikembangkan, terdapat risiko jangka pendek dan jangka panjang.

Dalam jangka pendek, anak dapat sulit beradaptasi dan sulit diterima oleh lingkungannya sehingga mengalami masalah pergaulan.

“Sementara dalam jangka panjang, anak rentan mengalami beragam masalah gangguan psikologis. Perilaku ini tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan sendirinya, dibutuhkan proses panjang sejak usia dini hingga dewasa yang erat kaitannya dengan stimulasi dari orang tua,” jelas Anna dalam jumpa persnya di acara Kampanye Berbagi Kebaikan pada Kamis 2 juni 2022.

Sementara, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Wisaksono Sudoyo, mengatakan, YKI menyambut baik kampanye Berbagi Kebaikan kerjasama Lifebuoy Shampoo dengan YKI dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker melalui donasi rambut.

Wisaksono mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat termasuk dengan melakukan deteksi dini kanker, dan menjaga kesehatan rambut karena dapat menjadi sumber kekuatan untuk berbagi kebaikan.

Siti Annisa Nuhonni, Pengurus Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia lebih lanjut menjelaskan, jika kanker memberi dampak terhadap fisik dan psikologis pasien kanker.

“Kondisi pandemi juga menambah tantangan yang dihadapi oleh pasien kanker, sehingga diperlukan dukungan psikososial dalam menjaga maupun meningkatkan kualitas hidup pasien baik oleh keluarga, orang-orang terdekat, hingga lingkungan dan masyarakat luas,” jelasnya.

Mona Ratuliu, selebritas sekaligus ibu dari lima orang anak berpendapat, memasuki kehidupan pasca pandemi, perlahan kembali ke rutinitas sosial life seperti dulu.

“Aku sadar kondisi ini akan menuntut kemampuan anak-anakku untuk kembali bersosialisasi, yang sebelumnya sempat terhambat karena pandemi. Kampanye ini bisa menjadi wadah bagi para orang tua sepertiku untuk menumbuhkan rasa empati dan menerapkan perilaku tolong menolong pada sesama. Sebagai buktinya, hari ini aku dan Nala mendonasikan rambut kami, dan mengajak seluruh keluarga untuk ikut memberi dukungan,” jelas Mona.

 

Komentar Anda

Your email address will not be published.