Tujuh Kepala Negara ASEAN Tiba di Bandara Komodo , Nusa Tenggara Timur

620

INAnews.co.id, Labuan Bajo – Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi  (KTT) ke-42 ASEAN  atau ASEAN SUMMIT, yang akan berlangsung mulai, selasa 9 Mei 2023 sampai dengan kamis, 11 Mei 2023.

Semua komponen masyarakat diseluruh Flobamorata tercinta, khususnya yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, agar menciptakan suasana  keamanan dan kenyamanan bagi setiap Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan beserta seluruh delegasinya, yang mengikuti seluruh rangkaian KTT ASEAN.

Demikian himbauan yang disampaikan oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dan Wakil Gubernur NTT, Josef Adreanus Nae Soi, (JNS) secara terpisah di Labuan Bajo.

KTT Asosiation of South East Asian Nations (ASEAN), baru pertama kali diselenggarakan di NTT mengambil tema : ASEAN Matters, Epicentrum of Growth.

Pada hari pertama pemimpin ASEAN tersebut tiba dan disambut jajaran pasukan kehormatan dan tarian tradisional Manggarai.

Pemimpin pertama yang tiba di Bandara Komodo adalah Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen yang mendarat sekitar pukul 13.00 WITA, bersama Ibu Negara, Rany Hun Sen tampak disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Selanjutnya, Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak tiba sekitar pukul 13.45 WITA dan disambut oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Setelah itu, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 14.20 WITA.

Berbeda dengan pemimpin sebelumnya, Perdana Menteri Vietnam disambut didepan ruang tunggu naratama karena saat itu turun hujan.

Perdana Menteri Vietnam pun disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kemudian, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 15.45 WITA.

Kehadiran Perdana Menteri Anwar Ibrahim yang datang bersama istrinya, Ibu Negara Wan Azizah Wan Ismail tampak disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 16.18 WITA.

Sama seperti Perdana Menteri Ibrahim, Perdana Menteri Sonexay Siphandone yang tiba bersama Ibu Negara Vandala Siphandone, juga disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Setelah itu, Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos Jr. beserta Ibu Negara, Louise Araneta-Marcos mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 16.53 WITA. Keduanya juga disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong tiba sekitar pukul 18.00 WITA.

Perdana Menteri Lee yang datang bersama Ibu Negara Ho Ching, disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

 

 

 

Reporter : Dance Henukh

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.