Dorong Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Banten, KDEKS Kolaborasi Gelar Sharia dan Halal Festival

661

INAnews.co.id, Banten  – Ketua Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), Siti Ma’rifah Ma’ruf Amin, menyatakan keyakinannya bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Banten akan berjalan dengan baik dan maksimal.

“Dengan kolaborasi dan juga langkah-langkah yang terintegrasi ini tentu kami yakin nantinya pengembangan ekonomi dan keuangan saya di Provinsi Banten akan berjalan maksimal dan baik,” katanya pada Puncak Acara 2nd Sharia and Halal Festival Jawara (Shafara) Banten 2023 di Masjid Agung At-Tsauroh, Jl Ahmad Yani No. 11 Kota Serang, Sabtu (12/8/2023) malam.

Meskipun masih dalam tahap awal, namun dengan kolaborasi dan langkah-langkah yang terintegrasi, Pemerintah Provinsi Banten yakin bahwa sektor ini akan berkembang dengan baik di masa depan.

Dalam beberapa kegiatan yang telah dilakukan, terlihat kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Banten dan Bank Indonesia (BI) dalam membangun ekonomi dan keuangan syariah.

“Sudah terlihat beberapa kegiatan dari bi juga sudah yang sudah dilakukan kolaborasi dengan Pemprov dan hari ini juga dengan kegiatan yang sangat-sangat konstruktif untuk membangun Ekonomi keuangan syariah,” ujarnya.

Salah satu kegiatan konstruktif yang dilakukan adalah fashion show yang melibatkan pondok pesantren.

Siti Ma’rifah menekankan bahwa potensi pesantren dalam pengembangan ekonomi syariah sangat luar biasa, dan sektor UMKM juga menjadi kekuatan penting dalam hal ini.

“Tadi melibatkan pondok pesantren dalam fashion show di mana potensi pesantren ini luar biasa dan juga UMKM menjadi kekuatan kita,” ujar Siti Ma’rifah.

“Pada masa pandemi dan pasca pandemi ini justru UMKM lah yang bertahan dan mampu melalui masa-masa sulit perekonomian yang juga melanda dunia,” sambungnya.

Siti Ma’rifah juga menyoroti pentingnya memperkuat ekosistem ekonomi syariah.

Dalam hal ini, komitmen dari Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah sangatlah penting.

Dengan memperkuat ekosistem ekonomi syariah, diharapkan Indonesia dapat menjadi pusat ekonomi syariah dunia menuju Indonesia Emas 2045.

“Ekosistem ekonomi syariah ini perlu diperkuat dan harus bergerak lebih cepat bagaimana amanah dari Ekonomi keuangan syariah Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia untuk menyongsong Indonesia emas 2045,” katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengaku optimis, ekonomi syariah dan halal berkembang di Provinsi Banten.

Pasalnya ekonomi syariah dan halal berkembang di wilayah ini sejak era Kesultanan Banten.

“Provinsi Banten sejak jaman Kesultanan Banten, sejak dulu sebagai penggerak ekonomi syariah,” ungkapnya.

“Pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Banten hadir merupakan tindak lanjut dari amanah Bapak Presiden dan para Menteri yang agenda kerja apapun bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya tumbuh ekonomi,” tambahnya.

Dikatakan, perekonomian Provinsi Banten semakin baik. Dalam berbagai kesempatan, Pemprov Banten juga mendorong UMKM untuk berkembang, termasuk dalam merambah dunia digital untuk meningkatkan nilai tambah.

“Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) mengayomi sistem ekonomi Islam yang halal dan baik. Bagian dari perwujudan Islam yang rahmatan lil alamin,” ungkap Al Muktabar.

Masih menurut Al Muktabar, produk-produk UMKM dari Provinsi Banten sudah ada yang ekspor, merambah pasar Eropa.

Untuk akses permodalan masyarakat khususnya UMKM, menurut Al Muktabar, Bank Banten saat ini dalam kondisi baik dan siap menjadi sumber permodalan bagi masyarakat.

Bank Banten sendiri saat ini sedang berbenah dan pada saatnya nanti juga akan terjun dan menghadirkan layanan syariah.

Dengan segenap potensi yang dimiliki Provinsi Banten serta stabilitas daerah yang terjaga, Al Muktabar optimis ekonomi syariah akan berkembang di Provinsi Banten.

Menurutnya, perekonomian Provinsi Banten terus tumbuh, inflasi terkendali, serta investasi meningkat.

Hal itu juga ditopang oleh berbagai potensi infrastruktur diantaranya Bandara Soekarno-Hatta, jaringan jalan tol, pelabuhan laut, hingga jaringan kereta api.

Sementara itu, Kepala KPw BI Banten Imaduddin Sahabat mengatakan UMKM halal di Provinsi Banten selalu mencatatkan capaian positif di kancah nasional.

Tak hanya itu, UMKM di Provinsi Banten juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Kita lihat dan kita catat UMKM halal selalu meningkat, di event nasional selalu juara ini UMKM halal kita dan juga sudah bisa melakukan ekspor,” ujarnya.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.