Amsterdam Coffee Festival 2024: Ketahanan dan Inovasi Kopi Indonesia di Tengah Krisis Iklim

1,009

INAnews.co.id,  Jakarta  – Dalam kondisi iklim saat ini di mana keberlanjutan menjadi isu sangat penting, industri kopi menghadapi tantangan untuk menyeimbangkan produktivitas dengan tanggung jawab ekologis.

Roemah Indonesia BV dengan bangga dipercaya untuk membawakan produk kopi dan inovasinya di Amsterdam Coffee Festival 2024, yang akan berlangsung dari 4 hingga 6 April.

Tema tahun ini, “Inovasi dan Keberlanjutan dalam Produksi Kopi,” menyoroti pendekatan beragam yang diambil oleh produsen kopi Indonesia dalam menjawab tantangan ini, termasuk, namun tidak terbatas pada, praktik agroforestri.

Agroforestri adalah sistem pertanian di mana tanaman pangan dan tanaman kehutanan ditanam pada lahan yang sama. Meskipun tidak semua kopi yang dipresentasikan di festival dibudidayakan melalui agroforestri, acara ini merupakan bukti dari semangat inovatif para petani kopi Indonesia dan berbagai praktik berkelanjutan yang diterapkan di Kepulauan Nusantara.

Festival ini akan berfungsi sebagai platform untuk berbagi kekayaan metode budidaya kopi Indonesia, serta menaikkan komitmen Indonesia terhadap kepedulian lingkungan dan kesetaraan sosial.

Amsterdam Coffee Festival 2024 juga akan menyoroti peran krusial dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan petani kecil dalam sektor kopi Indonesia. Dengan fokus pada peluang pertumbuhan ekspor, acara ini sejalan dengan visi sponsor kami, termasuk Pertamina, BNI, Toba Pulp Lestari, BCA, Hejo, Tuku-Beragam, Klasik Beans, dan Suasana Kopi.

Kemitraan dengan Roemah Indonesia BV menegaskan komitmen kolektif untuk memberdayakan komunitas lokal, mendorong pengembangan ekonomi, dan mempromosikan praktik keberlanjutan dalam industri kopi global.

Selain itu, Roemah Indonesia BV terus aktif mendukung program Makmur Komoditas Kopi yang dilaksanakan oleh PMO Kopi Nusantara Kementerian BUMN. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kopi Indonesia, sekaligus memastikan pengembangan berkelanjutan dari hulu hingga hilir. Inisiatif ini menegaskan peranan vital BUMN dalam mendukung industri kopi dan pertanian Indonesia secara lebih luas.

Dengan mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan industri kopi, dari petani hingga institusi keuangan, Roemah Indonesia BV bertujuan untuk menciptakan lingkungan kolaboratif yang tidak hanya menampilkan kualitas kopi Indonesia yang luar biasa, tetapi juga mendorong dialog tentang keberlanjutan, inovasi, dan peluang ekspor.

Inisiatif ini merupakan langkah maju dalam memastikan bahwa industri kopi Indonesia dapat berkembang dalam lanskap global yang berubah, tanpa mengorbankan integritas lingkungan atau tanggung jawab sosial.

Acara ini tidak akan terwujud tanpa peran dan dukungan penuh Kedutaan Besar Republik Indonesia – The Hague, Belanda.

Bergabunglah dengan kami di Amsterdam Coffee Festival 2024 untuk menjelajahi ketahanan dan kreativitas kopi Indonesia, merayakan pencapaian para petani dan pengusaha kami, dan menemukan berbagai cara komunitas kopi bekerja menuju masa depan yang berkelanjutan.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.