Gudang Amunisi Daerah Milik Kodam Jaya Kebakaran Dan Meledak

906

INAnews.co.id,  GunungPutri Bogor  – Telah terjadi kebakaran melanda gudang bahan peledak di perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Bekasi, tepatnya Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Kampung Parung Pinang, RT 01/RW 11, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 30 Maret 2024, sekitar pukul 18.05

Belum diketahui pemicu ledakan tersebut. Namun, api ledakan tersebut diduga berasal dari gudang peluru dan amunisi.

Kebakaran dilaporkan terjadi pada pukul 18.05 WIB, tepat setelah warga berbuka puasa. Warga sekitar  Awalnya mendengar ada ledakan menyerupai petasan, kemudian asap tebal membumbung tinggi disusul api dan sontak langit sekitar lokasi berwarna merah. Ledakan terdengar oleh warga di cluster perumahan yang ada Kota Wisata, Gunung Putri yang berjarak hanya 1 kilometer.

Berdasarkan informasi Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) menyatakan “gudang peluru atau gudang amunisi yang terbakar adalah miliknya. Gudang peluru tersebut adalah milik Komando Daerah Militer Jayakarta (Kodam Jaya) yang punya wilayah meliputi DKI Jakarta.” ungkap Kadispenad, Brigjen Kristomei Sianturi, pada media, sesaat setelah kejadian pada Sabtu petang.30 Maret 2024.

Saat  awak media tiba lokasi,  sudah ada beberapa mobil pemadam kebakaran yang disiagakan untuk masuk ke dalam kompleks Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya. Untik saat ini  Pasukan pemadam kebakaran  belum bisa melakukan  tindakan pemadaman karena  masih terdengar letusan.

Pedamaman belum dapat dilaksanakan dikarenakan  masih terus terjadi ledakan dan dapat membahayakan personil  damkar yang terus siaga di sekitar  Gudang Amunisi milik Kodam Jaya.

Sejauh ini aparat masih kesulitan mendekat ke lokasi kebakaran sehingga untuk sementara ini prioritasnya mengevekuasi warga di sekitar gudang munisi.

Sebelumnya  banyak beredar di media sosial bahwa  informasi ledakan dan kebakaran terjadi di Gudang Senjata Bataliyon Armed 7/155 Cikiwul Bantargebang Bekasi. Selanjutnya berdasarkan pantauan langsung awak media di lokasi kejadian dan konfirmasi pejabat terkait, lokasi kejadian tepatnya di Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Kampung Parung Pinang, RT 01/RW 11, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.