Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Karyoto, Polda Metro Jaya Siapkan Tim Penjinakan Bahan Peledak

Bantu Penanganan Terbakarnya Gudang Amunisi Daerah Milik Kodam Jaya

906

INAnews.co.id,  GunungPutri Bogor –  Viral beredarnya sebuah kebakaran besar di serta ledakan mirip bom, dalam video yang tersebar di media sosial menggambarkan kobaran api dari kejauhan yang membuat langit sekitar merah.pada Sabtu, malam 30 Maret 2024. Saat masyarakat sedang menikmati buka puasa tak jauh dari lokasi, seketika itu juga warga berhamburan keluar rumah untuk melihat kejadian itu.

Awak media INAnews yang kebetulan tinggal di Bekasi segera menuju lokasi kejadian. Berdasarkan penelusuran awak media di peroleh informasi bahwa lokasi kebakaran disertai ledakan  terjadi di  Gudang Amunisi Daerah  (Gudmurah) Milik Kodam Jaya, yang Lokasinya berada Kampung Parung Pinang, RT 01/RW 11, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Saat awak media di lokasi tampak para petugas pemadam kebakaran sudah di  lokasi, namun pemadaman api belum dapat dilakukan. Sebab, api di lokasi ledakan masih cukup besar, disertai suara dentuman keras.

Danton Pleton B Damkar Kota Bekasi, Haryanto mengatakan, pihaknya telah menerjunkan 3 unit armada pemadam ke lokasi, “Lagi koordinasi sama pihak armed jadi masih belum berani masuk karena masih banyak ledakan-ledakan peluru itu,” katanya.

Tampak di lokasi  kejadian,  Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, meninjau langsung ke Gudang Amunisi Daerah  (Gudmurah) Milik Kodam Jaya.

Dalam keterangan persnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Karyoto, S.I.K, menyampaikan “bahwa, Lokasi kejadian sebenarnya  berada di wilayah hukum Polda Jawa Barat, Hanya karena  Polda Metro terdekat dengan wilayah terdampak, maka sifatnya hanya membantu yang sifatnya antisipasi dan mengamankan wilayah terdampak. Selanjutnya Polda Metro akan berkoordinasi dengan Panglima Kodam Jaya dan Polda Jabar untuk tugas penanganan berikutnya jika dibutuhkan.”

Selanjutnya Polda Metro Jaya akan membantu dengan  menyiapkan Tim Penjinakan Bahan Peledak (Jihandak) ke gudang amunisi milik Kodam Jaya yang terbakar di Ciangsana Gunung Putri.

“Kami juga akan menyiapkan jihandak besok, kalau memang Pak Panglima Kodam membutuhkan bantuan, kami siapkan, Kami juga punya tenaga profesional, apabila mungkin ada material ledakan yang terlempar jauh, kemudian dekat dengan permukiman masyarakat atau di tempat umum, kami akan bantu,” ujar Irjen. Pol. Karyoto.

Saat ini, TNI masih menunggu situasi aman. meski api sudah tidak nampak dari luar, namun masih ada potensi ledakan-ledakan akibat ratusan peluru di dalam gudang yang terbakar. Bila sudah aman, maka damkar akan ikut maju.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.