PT. Altama Surya Anugerah Sukses Menggelar Tekiro Mechanic Competition 2024 SMK Otomotif Sejawa

1,003

INAnews.co.id,  Jakarta  –  PT. Altama Surya Anugerah kembali menggelar Tekiro Mechanic Competition 2024 (TMC 2024), setelah sukses mengadakan acara serupa pada tahun 2022 dan 2023. Pada tahun ketiganya penyelenggaraan kali ini dengan memperluas jangkauan nya yaitu dengan pesertanya adalah SMK Otomotif Sejawa.

Setelah melalui berbagai proses di babak penyisihan secara  online, maka pada hari Sabtu-Minggu tanggal 27-28 April 2024 diadakan Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau Jawa di kantor pusat Tekiro, Jakarta,

Pada penyelenggaraan Tekiro Mechanic Competition 2024 se-Pulau Jawa ini diikuti oleh 58.886 siswa dari 377 sekolah otomotif dengan memperebutkan total hadiah 239 juta rupiah yang terdiri dari uang tunai dan peralatan bengkel. Dengan jumlah keikutsertaan dan nilai hadiahnya maka bisa dikatakan ajang ini menjadi lomba otomotif SMK terbesar yang pernah ada.

Tekiro Mechanic Competition 2024 adalah kompetisi keterampilan otomotif untuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) untuk SMK se-Pulau Jawa. Pada tahun ini pesertanya meningkat 320 persen dibandingkan tahun sebelumnya

Dalam keterangannya pada awak media Stephanus Santoso selaku Wakil Direktur PT. Altama Surya Anugerah sebagai perusahaan pemegang merek Tekiro pada Sabtu, 27 April  2024, menyampaikan  “Lomba ini bisa dijadikan pengalaman bagi para siswa untuk dapat melatih kemampuan otomotifnya dan siap terjun ke dunia kerja, selain itu kami berharap mereka bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dari penerapan belajar di sekolah,”.

Setelah melewati babak penyisihan secara daring pada tanggal 27 Maret 2024 terpilihlah 30 sekolah terbaik yang lolos ke babak semifinal. Adapun sekolah-sekolah tersebut berasal dari Jakarta 5 sekolah, Banten 4 sekolah, Jawa Barat 6 sekolah, DI Yogyakarta 3 sekolah, Jawa Tengah 9 sekolah dan Jawa Timur 3 sekolah. Bagi 30 sekolah yang masuk ke semifinal diberikan uang apresiasi senilai 2 juta rupiah persekolah.

Babak Semifinal

Pada Babak Semifinal tiap sekolah terdiri dari 1 team yang beranggotakan 3 orang. Para peserta pada babak ini harus menjalankan ujian praktik secara langsung yang terbagi dalam beberapa pos. Pada setiap pos, peserta diberikan berbagai tes seputar otomotif yang harus diselesaikan secara tim. Mereka di uji kecepatan, ketepatan, dan keterampilannya dalam menyelesaikan tantangan-tantangan dalam waktu yang ditentukan. Setelah melewati berbagai rangkaian tes dari pagi hingga sore hari dibabak ini, terpilihlah 10 sekolah yang mengikuti babak final dikeesokan harinya.

Babak Final

Babak Final terdiri dari tes presentasi dan tes trouble shooting engine kendaraan. Pada tes presentasi siswa harus bisa menjelaskan tema seputar otomotif di depan tim juri yang terdiri dari kalangan praktisi, influencer otomotif dan karyawan internal Tekiro.

Pada tes trouble shooting engine para siswa harus bisa menyelesaikan permasalahan seputar mesin kendaraan. Tes ini merupakan tantangan yang menarik bagi peserta untuk menguji kemampuan mereka dalam memecahkan masalah, mendiagnosis dan melakukan perbaikan yang presisi.

Tekiro Mechanic Competition 2024 didukung sepenuhnya oleh brand brand besar seperti Eneos Oil, Bengkel B-Quik, Planet Ban dan Ban Zeneos.

Berikut adalah juara Tekiro Mechanic Competition 2024

  • Juara 1 : SMK Negeri 4 Jakarta
  • Juara 2 : SMK Negeri 8 Bandung
  • Juara 3 : SMK Negeri 2 Kebumen
  • Harapan 1 : SMK Negeri 2 Surabaya
  • Harapan 2 : SMK Negeri 26 Jakarta
Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.