Menu

Mode Gelap
KPA Desak Pembentukan Badan Pelaksana Reforma Agraria HTN 2025, Partai Buruh Desak Pelaksanaan Reforma Agraria Sejati IKN Jadi Ibu Kota Politik: Pemerataan atau Sekadar Perpindahan Fisik? Rupiah Kamis Melemah Harga Emas Antam Kamis Turun Tipis IHSG BEI Kamis Menguat

PENDIDIKAN

Menuju Industri Komunikasi Digital

badge-check


					Saktisyahputra, S.I.Kom., M.I.Kom Perbesar

Saktisyahputra, S.I.Kom., M.I.Kom

Oleh: Saktisyahputra, S.I.Kom., M.I.Kom

INAnews.co.id, Jakarta – Perkembangan teknologi komunikasi dan digitalisasi media membuat industri komunikasi digital semakin kreatif dan inovatif serta dibutuhkan masyarakat ini. Tren penelitian komunikasi digital sedang naik dan populer saat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyak peneliti komunikasi di seluruh dunia melakukan penelitian dan publikasi di jurnal internasional membahas komunikasi digital. Seperti (Dua, 2017), (Priyowidodo, Angela, Wijayanti, & Vidyarini, 2019), (Wahyudin, Darmawan, Suryadi, Setiawati, & Rahmawati, 2021), (Dwityas, Maulana, Hesti, Briandana, & Kurniasari, 2020), (Mansell & Steinmueller, 2020), (Rizaldi, et al., 2021), (Kim & Desai, 2021), (Tauro, Pannielo, & Pellegrino, 2021), (Soedarsono, Mohamad, Adamu, & Pradita, 2020), (Permatasari, Soelistiyowati, Suastami, & Johan, 2021) membahas bagaimana penggunaan dan pemanfaatan komunikasi digital dalam berbagai industri komunikasi seperti Public Relation, Advertising, Marketing Communication, Social Media and Broadcasting terjadi saat ini di seluruh dunia.

Dalam praktiknya komunikasi digital bisa didekati dengan terminologi Computer Mediated Communication (CMC) atau komunikasi termediasi komputer merupakan proses komunikasi manusia melalui komputer yang melibatkan khalayak, tersituasi dalam konteks tertentu, di mana proses tersebut memanfaatkan media  untuk tujuan-tujuan tertentu (December, 1996).

Sementara ditegaskan Cantoni dan Tardini (2006: 43) bahwa komunikasi termediasi komputer merupakan interaksi antar-individu yang terjadi melalui komputer. Sejarah pertama kali terjadinya komunikasi termediasi komputer terjadi pada tahun 1971 di mana periset komputer generasi awal Ray Tomlison yang bekerja di Bolt Beranek and Newman melakukan percobaan mengirimkan pesan (sekarang dikenal dengan istilah e-mail atau surat elektronik) di antara komputer (Baron, 2008) (Nasrullah, 2021)

Dalam aktivitas sehari – hari peran serta komunikasi digital tidak bisa lepas dalam kehidupan kita saat ini. Saat akan berangkat kerja atau berangkat ke sekolah sebagian dari kita membutuhkan aplikasi komunikasi digital yang ada dalam Handphone kita. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan minuman kita bisa menggunakan aplikasi komunikasi digital yang bisa membantu mengantarkan makanan dan minuman sampai ke rumah kita.

Transaksi pembayaran pun saat ini bisa cashless dengan menggunakan alat pembayaran digital yang praktis bisa dikirim dari Handphone kita. Pandemi Covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia sejak tahun 2020 semakin mempercepat keberadaan Industri Komunikasi Digital di sekitar kita. Gerakan Literasi Digital pun digalakkan baik oleh Pemerintah, Swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Industri Komunikasi Digital pun menjadi Industri Hiburan yang hadir pada Handphone, Laptop, Computer PC dan alat elektronik lainnya yang selalu membersamai kehidupan kita sehari-hari.

Industri komunikasi perlahan namun pasti melakukan transformasi menuju Industri Komunikasi Digital. Industri Komunikasi Digital bisa digunakan tidak hanya untuk aktivitas yang positif, namun bisa juga digunakan untuk kegiatan negatif. Tindak kriminal seperti pencurian, penipuan, judi online, penyebaran hoaks, prostitusi online dan masih banyak penyakit masyarakat lainnya juga menggunakan komunikasi digital dalam melakukan aksinya.

Penulis mengajak pembaca untuk semangat dalam menggunakan Industri Komunikasi Digital untuk hal yang positif. Contohnya media sosial YouTube sebagai media sosial yang paling diminati saat ini di dunia, kita bisa membuat akun YouTube lalu membuat konten-konten yang edukatif, informatif dan menghibur yang positif kepada viewer kita.   

Tantangan Industri Komunukasi Digital berkembang adalah masih adanya sebagian dari masyarakat di sekitar kita yang belum memahami produk – produk dari komunikasi digital itu sendiri atau masih gagap teknologi.

Oleh karena itu, penulis mengajak Pemerintah dan pembaca untuk membantu melakukan transfer knowledge kepada masyarakat agar gerakan literasi digital semakin meluas di Indonesia dan Industri Komunikasi Digital bisa kita gunakan sepenuhnya baik yang di kota maupun yang di desa di negara tercinta kita, Indonesia, sehingga kemudahan dalam kehidupan akan semakin terasa.

Penulis:
Saktisyahputra, S.I.Kom., M.I.Kom
Dosen Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Penulis 15 Buku
www.saktisyahputra.com

Daftar Pustaka:

Dua, S. (2017). Digital Communication Management The World is Going Digital. International Journal of Recent Research Aspect, 50-53.

Dwityas, N. A., Maulana, A., Hesti, S., Briandana, R., & Kurniasari, P. M. (2020). Digital Marketing Communication Strategies : The Case of Indonesian News Portals. International Journal of Economics and Business Administration, 307-316.

Kim, D. H., & Desai, M. (2021). Are Social Media Worth It For News Media ? Explaining News Engagement on Tumblr and Digital Traffic of News Websites. International Journal on Media Management.

Mansell, R., & Steinmueller, E. (2020). Denaturalizing Digital Platforms : Is Mass Individualization Here to Stay ? International Journal of Communication, 461-481.

Nasrullah, R. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas dan Evaluasi. Jakarta: Kencana.

Permatasari, A. N., Soelistiyowati, E., Suastami, I. G., & Johan, R. A. (2021). Digital Public Relations : Trends and Required Skills. ASPIKOM Journal.

Priyowidodo, G., Angela, C., Wijayanti, A., & Vidyarini, T. N. (2019). The Communication Strategy of Digital-Based Media Organizations. Journal of Communication ans Media Studies.

Rizaldi, A., Margareta, F., Simehate, K., Hikmah, S. N., Albar, C. N., & Rafdhi, A. A. (2021). Digital Marketing as a Marketing Communication Strategy. International Journal of Research and Applied Technology, 61-69.

Soedarsono, D. K., Mohamad, B., Adamu, A. A., & Pradita, K. A. (2020). Managing Digital Marketing Communication of Coffee Shop Using Instagram. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 108-118.

Tauro, D., Pannielo, U., & Pellegrino, R. (2021). Risk Management in Digital Advertising : An Analysis the Advertisera’ Media Management Perspective. International Journal on Media Management.

Wahyudin, D., Darmawan, D., Suryadi, E., Setiawati, L., & Rahmawati, Y. (2021). Digital Strategic Communication Management in Developing Curriculum of Universitas Pendidikan Indonesia. Journal of Hunan University Natural Sciences.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kementerian ESDM Sanksi 25 Perusahaan Tambang di Kaltim, PADHI : Bagaimana di Berau, Ada BJU dan Kroninya

23 September 2025 - 03:42 WIB

Akhiri Polemik, IHW Minta Pemerintah Stop Impor Nampan MBG Tercemar Minyak Babi

18 September 2025 - 20:12 WIB

Menghadapi Dilema Etika dalam Kepemimpinan

18 September 2025 - 19:09 WIB

Populer DAERAH