Dinas Dukcapil Pemkot Bitung buka pelayanan masyarakat pada hari minggu

INAnews.co.id, Bitung – Masyarakat kota Bitung kini dapat melakukan pengurusan administrasi di catatan sipil pada hari minggu .

Terbukti dari pantauan media, kemarin Minggu 23 Juni 2019 Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Bitung membuka pelayanan pada hari libur.

“Iya betul, ada yang mengurus e-KTP di hari Minggu ini laporan (foto warga melakukan pengurusan administrasi) oleh kadis capil,”tulis Sekertaris Kota Bitung Audy Pangemanan, melalui pesan WA, Senin (24/6/2019).

Ia mengatakan, hal ini merupakan kebijakan pemkot Bitung dan masih uji coba.

“Bisa berubah, melihat antusiasme dari masyarakat,”kata Audy.

Untuk itu, Pangemanan menjelaskan layanan administrasi discapil jam kantor seperti biasa Senin-Jumat.

“Senin-Jumat jam kantor seperti biasa, Sabtu dan Minggu Pukul 09:00 -13:00 Wita. Nah untuk tugas melayani warga di Capil, pemkot pakai sistem shift atau staf yang tidak bertugas Jumat dapat bertugas Sabtu dan Minggu,”jelas dia.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa selama ini pemkot sudah mencoba melayani masyarakat istilahnya jemput bola turun ke rumah-rumah warga di kelurahan-kelurahan. 

“Namun terbukti masih banyak warga yang kami dapati belum memiliki KTP dengan beragam alasan, salah satu contoh masalah terbentur waktu kerja,”jelasnya.

Oleh karenanya pemkot Bitung mengambil kebijakan tersebut dengan tujuan untuk kemudahan bagi masyarakat dalam hal ini pengurusan administrasi.

“Untuk itu mengenai adanya kemudahan ini bagi rakyat Bitung dalam pengurusan administrasi. Saya berharap mohon dukungan dari masyarakat, agar terlaksana dengan baik “tandasnya.

Penulis : Resa R

Editor : M.Helmi .R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here