Dr. Aksi Sinurat, SH, M.Hum Soroti Kasus Berbagai Dugaan Korupsi Di NTT

KORUPSI TAK TERPISAHKAN DARI KEHIDUPAN PEMERINTAHAN DI KABUPATEN ROTE NDAO

1,710

INAnews.co.id,  NTT.Rote Ndao  –  Pengamat Hukum Pidana Dr. Aksi Sinurat, SH, M.Hum  merasa sangat prihatin dengan adanya  berbagai  kasus  dugaan tindak pidana korupsi di Pemerintahan Kabupaten Rote Ndao.

Hal ini diungkapkan Pengamat Hukum Pidana Dr. Aksi Sinurat, SH, M.Hum pada awak media pada Rabu, 13 Maret 2024, dirinya  melihat dengan  bertambah lagi dengan adanya kasus Rumput Odot yang melibatkan Kadis Peternakan Hermanus Haning dan Mantan Bupati Leonard Haning.

Sebelumnya ada juga dugaan kasus korupsi yang menyeret nama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Rote Ndao, Regina Kedoh yang merupakan pengguna anggaran yang telah resmi menjalani pemeriksaan oleh penyidik.

Lebih jauh daripada itu, sekitar bulan Mei tahun 2023 yang lalu dugaan kasus korupsi Covid-19 untuk pengadaan masker pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao yang melibatkan Kepala Dinas Yames Therik telah naik status dari Penyelidikan (Lid) menjadi penyidikan tahun 2023 lalu karena telah memenuhi unsur perbuatan melawan hukum.

Kendatipun demikian, namun sampai saat ini belum juga ada penetapan tersangka.oleh Kejaksaan Negeri Rote Ndao .

Berkaca pada beberapa kasus dugaan korupsi yang sampai saat ini belum juga ada tersangkanya, masyarakat tentu mengharapkan agar Unit Tindak Pidana Korupsi dari Satuan Reserse Kriminal Polres Rote Ndao kiranya terus dan serius melakukan penyelidikan intensif terhadap kasus Rumput Odot, dan harapan tersebut kiranya meningkat menjadi tindakan penyidikan sehingga minimal memperoleh dua alat bukti yang sah sesuai peraturan perundang-undangan dan selanjutnya menetapkan tersangkanya.

Selaku pengamat hukum Dr. Aksi Sinurat menuturkan ” Masyarakat pencari keadilan tentu menanti-nantikan kinerja dan kemauan serius dari pihak kepolisian sebagai penegak hukum untuk terus berupaya mendalami kasus Rumput Odot tersebut.”

“Kiranya pihak kepolisian Polres Rote Ndao menunjukkan keberpihakannya kepada kejujuran dan keadilan serta transparansi dalam penanganan kasus ini. Pihak kepolisian diharapkan dapat menjunjung tinggi kebenaran dan penegakan hukum yang jujur dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu selain kepentingan keadilan yang sejati, serta melakukan penegakan hukum yang tuntas dan tidak terkesan asa-asal.” tegasnya.

Pada kesempatan  bersama awak media Dr. Aksi Sinurat minta Pihak kepolisian Polres Rote Ndao diharapkan dapat menjunjung tinggi kebenaran dan penegakan hukum yang jujur dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu selain kepentingan keadilan yang sejati, serta melakukan penegakan hukum yang tuntas dan tidak terkesan asa-asal. Semoga.

 

Reporter : Dance Henukh

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.