Menhub Pastikan Kesiapan KAI Daop 6 di Era New Normal

23

INAnews.co.id, Yogjakarta –Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi beserta jajaran melakukan peninjauan persiapan transportasi umum khususnya kereta api di wilayah Daop 6 Yogyakarta dalam menghadapi era normal baru, Jumat (26/6/20).

Tidak hanya itu, Menhub beserta Dirjenka Kemenhub Zulfikri dan Direktur Operasi KAI, Apriyono Wedhi Chrestanto juga melihat progres elektrifikasi jalur KA lintas Yogyakarta-Solobalapan.

Beberapa stasiun yang dikunjungi diantaranya adalah Stasiun Solo-Balapan, Stasiun Wojo, Stasiun Klaten, dan Stasiun Adi Soemarmo.

Selama peninjauan Menhub Budi Karya melakukan pengecekan situasi maupun kondisi stasiun terutama pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19, mulai dari pemeriksaan suhu badan, penerapan physical distancing, hingga proses verifikasi dokumen penumpang yang akan menggunakan KA.

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan bahwa kota Yogya dan Solo merupakan kota yang menjadi destinasi pariwisata unggulan Indonesia. Untuk itu, ia ingin memastikan para penguna jasa transportasi khususnya merasa aman dan nyaman untuk bertransportasi melalui penerapan protokol kesehatan yang baik mulai dari saat keberangkatan, dalam perjalanan, sampai tiba di kedatangan.

“Kami ingin masyarakat pengguna jasa transportasi di kota Yogya dan Solo ini bisa tetap produktif beraktivitas dan bertransportasi, namun tetap aman dari penularan Covid-19. Kita harapkan sektor pariwisata di sini bisa semakin membaik,” ujarnya.

Seperti yang telah diketahui, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sangat ketat menerapkan protokol kesehata dengan mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Pada saat new normal, para petugas KAI akan dibekali dengan sejumlah perlengkapan keamanan, mulai dari alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan, dan face shield. Seluruh area operasional KAI termasuk di Daop 6 Yogyakarta juga disetting agar para pengguna jasa maupun pegawai dapat menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Terkait perkembangan konektivitas transportasi di Yogya dan Solo. Menurutnya, konektivitas transportasi di kedua kota ini semakin meningkat.

Pertama karena dukungan transportasi antarmoda seperti kereta api dan lainnya sudah bisa digunakan untuk mengakses Bandara New Yogyakarta International Airport. Bahkan, ia mengatakan ke depannya kereta api akan langsung masuk dalam area bandara.

Selain itu, ia mengatakan konektivitas transportasi di Yogyakarta-Solo juga didukung pembangunan elektrifikasi jalur KA yang saat ini masih berlangsung. Nantinya saat elektrifikasi selesai, maka dapat KRL dapat dioperasikan untuk melayani masyarakat Yogyakarta-Solo.

 

Sumber  :  Public Relations KAI

Komentar Anda

Your email address will not be published.