Wika Reality Fungsikan Gudang Kereta Api Jadi Laswi Heritage

144

INAnews.co.id, Jakarta – Memasuki fase adaptasi kebiasaan baru, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

WIKA bekerjasama untuk mengoptimalisasi aset lahan kerja Gudang Persediaan PT. KAI seluas 20Ha juga cagar budaya (Heritage) untuk dialihfungsikan agar memiliki nilai ekonomi baru.

Kota Bandung, Jawa Barat yang dikenal sebagai kota bersejarah tempat penyelenggaraan konferensi Asia-Afrika, memiliki banyak ikon yang selalu menjadi magnet bagi masyarakat di Indonesia maupun mancanegara.

Dalam waktu dekat, kota itu akan memiliki ikon baru lagi.

Pasalnya, sebuah kawasan yang akan menjadi pusat bisnis, lifestyle, entertainment, dan area publik tengah dirancang dan siap difungsikan dalam waktu dekat.

“Dengan harapan dapat mengembangkan ekonomi kreatif dan menciptakan ruang pertemuan baru di Bandung. Dengan 20 bangunan yang bisa dipergunakan untuk berkontribusi dengan ruang entertainment baru bagi warga Bandung”, tutur Eri Prananto, Direktur Operasi PT. Wika pada senin 31 agustus 2020.

Laswicity Heritage akan membuat zonasi ruang sesuai dengan kategori 60% area Food and Beverage, 20% area lifestyle, 10% area Entertainment,dan 10% fasilitas publik 10% dengan 352 tenant tersedia mengutamakan UMKM lokal.

“Di area ini ada 20 gedung heritage. Ini akan kami desain menjadi kawasan komersial seperti food and beverages sekitar 60 persen, 20 persen lifestyle area, 10 persen entertainment area, dan 10 persen fasilitas publik untuk olahraga dan event,” kata Direktur Operasi PT Wijaya Karya (WIKA) Realty Ery Prananto.

Pemanfaatan kawasan tersebut merupakan tindak lanjut dari perjanjian sewa pakai selama 50 tahun PT KAI kepada WIKA Realty.

Namun penggunaannya tidak akan merusak bangunan heritage, karena masuk kategori bangunan cagar budaya yang dilindungi Pemerintah Kota Bandung.

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.