DPN BKNDI Lakukan Perampingan Pengurus Guna Efisiensi Fungsi dan Struktur

405

INAnews.co.id, JakartaHanya kapal yang ramping saja yang bisa bergerak cepat dan menyalip kapal-kapal lainnya yang bergerak lambat karena terlalu banyak muatan, demikian ungkapan Isra A.Sanaky, Ketua Umum DPN BKNDI, ketika membuka rapat pengurus DPN BKNDI pada Sabtu, 17 oktober 2020 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Apa yang digagas oleh Ketua Umum DPN BKNDI saat ini dapat ditelaah lebih jauh melalui perspektif manajemen organisasi. Dalam studi manajemen organisasi dikenal istilah downsizing yakni serangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kembali efisiensi, produktivitas, dan daya saing suatu organisasi dengan cara mengurangi berbagai sumbatan yang ada.

Sumbatan tersebut umumnya berupa jumlah pengurus yang terlalu gemuk sehingga menghabiskan anggaran organisasi.

Di sisi lain, ada juga kebijakan downscoping, yakni eliminasi unit-unit kerja yang kurang/tidak sesuai dengan kegiatan inti organisasi.

Baik downsizing, maupun downscoping, pada umumnya ditempuh oleh manajemen organisasi dalam menghadapi situasi krisis agar organisasi tersebut dapat mempertahankan performansinya, bahkan untuk dapat bertahan hidup (survive).

Untuk itu Isra mengumpulkan semua pengurus inti DPN BKNDI di Hotel Borobudur dalam rangka menyatukan visi dan misi serta meminta komitmen loyalitas untuk bersama sama mengembangkan  dan membangun organisasi BKNDI agar visi dan misi semula organisasi yaitu untuk manfaat dan kemasyalahatan masyarakat desa tetap terus di pertahankan.

Hal lain yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah agenda agenda Nasional BKNDI seperti Hari Ulang Tahun BKNDI, Rakernas BKNDI untuk tahun 2021, Jambore Nasional Pertanian BKNDI di Kendari 2021, Lalu di bahas pula tentang agenda Pelantikan Pengurus Kabupaten kota se-Indonesia yang pelantikannya akan dilakukan oleh Ketua MPR RI ,Bambang Soesatyo.

Ahmad Basalama selaku Sekjend yang baru menanggapi agenda agenda nasional dengan berharap  perlunya dukungan dan kerjasama dari semua DPD BKNDI di seluruh Indonesia untuk persiapannya dan penyelenggaranya.

Selanjutnya Sekjend berjanji akan lebih intensif melakukan pendekatan kepada lembaga kementerian terkait agar BKNDI bisa berjalan beriringan dalam membangun desa, membantu koperasi dan UMKM serta industri kreatif yang bekerja sama dengan BKNDI.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah evaluasi persiapan panitia sarasehan desa di Biak Papua yang akan di selenggarakan pada bulan November.

Dalam hal persiapan penyelenggaraan Isra A. Sanaky selaku Ketum DPN BKNDI memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Theo Trigus selaku wakil sekjen baru sebagai supervisor acara  dan penghubung komunikasi antara panitia di Biak Papua dengan DPN BKNDI.

Pada kesempatan itu Theo memberikan laporan tentang persiapan panitia sampai dengan minggu terakhir ini.

Selanjutnya  Theo menggambarkan bagaimana eforia semangat masyarakat dan para kepala desa di biak Papua dalam menyambut acara Sarasehan Desa serta melaporkan kendala yang ada di lapangan yang di hadapi oleh panitia di Biak Papua.

Pada akhir pertemuan itu , Paiman yang dalam kepengurusan baru menjabat sebagai Wakil Sekjen II, Kembali mengingatkan pada pengurus baru untuk saling bahu membahu bekerja sama dalam mempertahankan Marwah BKNDI.

Kemudian Paiman mengatakan bahwa pentingnya  pengurus bisa bekerja sesuai tupoksinya serta saling memahami posisi dan saling pengertian dengan saling mengingatkan sesama pengurus jika ada yang keluar dari SOP.

Diakhir sesi ,Paiman menutup acara dengan mengajak berdoa bersama untuk kesehatan semua pengurus BKNDI diseluruh Indonesia dan mengajak penggurus yang baru terbentuk untuk merenungkan komitmen yang sudah disepakati agar benar benar dijalankan sehingga apa yang diharapkan oleh para kepala Desa dengan hadirnya BKNDI dapat terwujud sesuai dengan moto BKNDI yaitu ” Desa Maju Indonesia Jaya”.

Informasi kepengurusan baru ;

Susunan pengurus Harian DPN BKNDI priode 2020 -2024 :

KETUA UMUM
Isra A. Sanaky SHI MH.

WAKETUM I
DR.Mustofa

WAKETUM II
Abdul Sahar Yasin S.pd

SEKJEN
Ahcmad Basalama, S.Sos.
Wakil SEKJEN I:
Theo Trigus. S. Pd.
Wakil SEKJEN. II
Drs. Paiman

BENDAHARA UMUM
Alipah S. IP
WAKIL BENDAHARA I
Nurhuda Wailisa Halong S.Sos

KEPALA KESEKRETARIATAN
Rais Tuahuns
WAKIL KESEKRETARIATAN
Endang Darwaty
Harry Budi putra

BIDANG BIDANG :

1.BIDANG BUMDES DAN KOPERASI
Darwis S. SiT, M. Mar
2. BIDANG MEDIA
Jessica Fitriani
3. BIDANG PERTANIAN DAN PERIKANAN
SISWANTO. A. Md
4.BIDANG PEMUDA DAN OLAH RAGA
Ismail Kelosan S. Pd
5.BIDANG ADVOKASI dan KONSULTAN
Gusri Ahmad
6.KEBUDAYAAN DAN PARAWISATA
Tabitha Agus Pattinama M.
7.BIDANG LITBANG
DR. MTH Alpibsi Bustab
8. BIDANG KETENAGA KERJAAN.
Rusdi.

Komentar Anda

Your email address will not be published.