Walikota dan DMI Jakarta Selatan Lepas Duta Zakat Angkatan Pertama di Pasar Minggu

826

INAnews.co.id, Jakarta – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Jakarta Selatan melakukan gerebek pasar untuk menggerakan hati masyarakat agar aktif berzakat dan mencari Dermawan di lingkungan pasar.

Dengan program Duta Zakat ini  akan menjadi solusi inovasi dan kolaborasi dari DMI Jaksel dan BAZNAS (BAZIS) Jakarta Selatan, di dukung oleh Bank DKI Syariah.

Acara gerebek pasar dan pelepasan Duta Zakat angkatan pertama di Kota Jakarta Selatan ini di awali di Pasar Minggu pada hari minggu 5 desember 2021.

Walikota Jakarta Selatan, Munjirin ,S.sos,M.SI saat memberikan sambutan di acara pelepasan Duta Zakat di Pasar Minggu, 6 desember 2021 ( foto : istimewa)

 

Dalam sambutannya Walikota Jakarta Selatan, Munjirin,S.sos, M.Si, mengatakan kegiatan ini juga sebagai  momentum terbentuknya Pasar UPZ sekaligus pembinaan  maka tidak hanya sebagai pengumpulan ZIS agar dapat termonitor dan terbentuknya komunitas Masjid dan Pasar.

” Saya ucapkan terimakasih kepada Duta Zakat dan Baznas Kota Jakarta Selatan, dan DMI Jakarta Selatan,  dengan adanya kegiatan ini membantu permasalahan ekonomi sebagian besar rakyat Indonesia. Keberadaan kelompok ini menjadi kebaikan ditengah lingkungan masyarakat,  terutama dalam mengatasi masalah pengentasan kemiskinan dan pengangguran,” ucap Walikota Jakarta Selatan.

Munjirin juga sampaikan jika kegiatan gerebek pasar dan pelepasan Duta Zakat ini adalah angkatan pertama Duta Zakat yang ada di DKI Jakarta dan Kota Jakarta Selatan.

“Dengan kehadiran Duta Zakat ini mudah-mudahan menjadi kemudahan para pedagang untuk menyalurkan zakatnya dengan cara menjemput bola. Kita bisa rasakan nanti manfaatnya secara langsung oleh masyarakat dari program yang sudah ada di BAZNAS, dan zakat masyarakat yang dikumpulkan benar-benar tersalurkan,” sambung Munjirin.

Lanjutnya Munjirin juga berpesan kepada Duta Zakat untuk bisa memberikan sosialisasi soal Zakat dan akan melihat dan evaluasi seberapa efektifnya kehadiran Duta Zakat di pasar dan masyarakat untuk menjemput bola dalam hal memberikan sedekah dan Zakat.

Ketua DMI Jakarta Selatan Drs. Eddy KS dalam sambutannya menyampaikan, ini adalah angkatan pertama Duta Zakat di Kota Administrasi Jakarta Selatan dan terus akan meningkat Duta Zakat ini setiap tahunnya.

” Alhamdulillah pada hari ini dengan ijin Allah,  Duta Zakat hari ini menjadi angkatan pertama yang diperkuat oleh 313 Duta Zakat melalui 97 Masjid. Sehingga fungsi Masjid memberdayakan umat akan terus terwujud dan gerakan Duta Zakat ini tiap tahun akan terus meningkat, dan kita akan lahirkan Duta Zakat setiap bulannya,” sampai Ketua DMI Jakarta Selatan pada minggu, 5 desember 2021.

Selanjutnya, Ketua BAZNAS Kota Jakarta Selatan Yasdar, dalam sambutannya juga mengatakan, di acara tersebut merupakan bagian dari pelatihan kepada Duta Zakat untuk  menambah skill dalam berinteraksi dengan masyarakat.

“Alhamdulillah telah bergabung bersama kegiatan tersebut para mahasiswa yang tergabung dalam MDJ (Masa Depan Jakarta), yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa dari BAZNAS Jakarta Selatan,” ucap Yasdar.

Walikota Jakarta Selatan saat mengunjungi Pedagang di Pasar Minggu dan mensosialisasikan Duta Zakat , pada 6 desember 2021 ( foto : istimewa)

 

Dalam kegiatan ini juga Walikota Jakarta Selatan mengunjungi para pedagang di Pasar Minggu dan memberikan celengan infak kepada pedagang sekitar di dampingi Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Jakarta Selatan, dan Ketua BAZNAS Kota Jakarta Selatan.

Dalam acara ini juga Walikota Jakarta Selatan memberikan santunan kepada anak yatim di sekitar Pasar Miinggu dan sumbangan sarpras untuk tiga Masjid di sekitar Pasar Minggu.

Komentar Anda

Your email address will not be published.