Polri dan AFP sepakati pemberantasan kejahatan lintas negara

183

INAnews.co.id, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menerima kunjungan Commisioner Andrew Colvin sebelum akhir masa jabatannya yang bertempat di kediaman dinas Polri pada Senin 12 Agustus 2019.

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan penandatanganan Arrangement Polri-AFP tentang Kerjasama dalam Pencegahan dan Pemberantas Kejahatan Lintas Negara di Kediaman Dinas Kapolri.

Dalam kesempatan ini, Kapolri menyambut dengan hangat kunjungan Commisioner Andrew Colvin. Ada beberapa hal yang disampaikan Kapolri yakni mengenai situasi di Indonesia Pasca pelaksanaan Pemilu secara serentak yang berlangsung aman.

Kapolri menyampaikan sebanyak 60.000 personel diturunkan, saat Pilpres dan aksi demonstrasi dan menjelaskan jika dalam pelaksanaan Pemilu serentak juga menyebabkan kurang lebih 600 panitia pemilu meninggal dunia.

“Situasi saat ini di Jakarta dan Indonesia sudah mulai kondusif dengan adanya rekonsiliasi antara Prabowo dan Jokowi, ” ujar Kapolri.

Ditambahkan juga oleh Kapolri soal kebakaran hutan dimana Polisi sudah bisa mengontrol area kebakaran hutan yang disebabkan oleh petani tradisional yang melakukan pembakaran lahan.

“Indonesia memiliki 2 kekuatan utama penopang negara yakni Polri dan TNI karena memiliki jumlah personel dan akses hingga ke pelosok daerah,  kedepan Polri akan fokus dalam pengamanan pelantikan presiden pada bulan Oktober 2019 mendatang, ” ujar Kapolri.

Foto bersama Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian dan Commissioner AFP Andrew Colvin

Sedangkan Commisioner Andrew Colvin, menyampaikan tentang situasi saat ini yang terjadi di Australia.

“Politik di Australia lebih baik karena setelah pemilu, oposisi segera menerima dan mengakui kekalahan, ” ujar Colvin.

Polri adalah mitra strategis AFP sejak 2002, Colvin sangat terkesan saat mengunjungi Aceh paska tsunami dan dirinya pernah tinggal di Aceh selama 6 bulan.

“Masyarakat Indonesia sangat tangguh dalam menghadapi bencana serta AFP juga memberikan asistensi saat terjadi bencana gunung meletus di Jogja, ” ujar Colvin

Diakhir penyampaianya Colvin berharap Hubungan dan kerjasama antara AFP dan Polri agar tetap erat dan dilaksanakan.

“Saya atas nama pribadi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri dan berharap persahabatan tetap terjalin dengan baik, ” tutup Colvin.

Dalam kegiatan ini Kapolri didampingi oleh Wakalemdiklat, Ses NCB Divhubinter, Wakadensus 88 AT dan Koorspri Kapolri

Komentar Anda

Your email address will not be published.