Kilang minyak Tuban investasi terbaru, dari 5 daerah yang akan dibangun

734

INAnews.co.id , Jakarta – Presiden Joko Widodo tegaskan, bahwa investasi pembangunan kilang minyak dan peningkatanya di sejumlah daerah, akan menyerap banyak tenaga kerja di Tanah Air. 

“Dengan adanya kilang, kita ingin investasi itu membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya, dan sekaligus tentu saja akan meningkatkan ekonomi daerah,” kata Presiden saat menjawab pertanyaan jurnalis di sebuah rumah makan di Tuban, Jawa Timur, Jumat (1/2/2019) pekan lalu.

Menurut Presiden, investasi kilang minyak tersebut rencananya akan dibangun di Tuban, Balikpapan, Bontang, Cilacap, dan Balongan.

Khusus Tuban, pembangunannya akan melibatkan Pertamina dan perusahaan minyak dari Rusia, Rosneft.

“Kita ingin memiliki refinery, kilang minyak sendiri, yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan BBM dalam negeri, sehingga akan meningkatkan kemandirian dan kedaulatan energi Indonesia,” ujar Presiden.

Salah satu kilang baru yang akan dibangun menurut Presiden Jokowi yakni di Tuban.

“Jadi yang di Tuban adalah kerja sama antara Pertamina dengan Rosneft,” ujar Presiden.

Menanggapi adanya penolakan sebagian warga Tuban terkait lokasi pembangunan kilang minyak itu, Presiden mengimbau agar segala aspirasi warga disampaikan ke kepala daerahnya baik Bupati maupun Gubernur.

“Yang penting dibicarakan kalau ada yang belum setuju, investasi itu untuk membuka lapangan pekerjaan,” jelas Presiden.

Kilang Minyak Tuban adalah proyek pembangunan kilang minyak baru dengan kapasitas produksi 300 ribu barel per hari.

Dengan dibangunnya kilang minyak tersebut, diharapkan dapat meningkatkan penyediaan bahan bakar di Indonesia sehingga dapat menurunkan ketergantungan terhadap impor

Baca Juga

Komentar Anda

Your email address will not be published.