Ribuan lampu terangi Tradisi Tumbilotohe di Kota Bitung

INANews, Bitung – Tradisi tumbilotohe atau malam pasang lampu yang berlangsung di Kota Bitung ,Sulawesi Utara khususnya dikecamatan Maesa, begitu menarik perhatian.

Bertempat di dua kampung yang bersebelahan yaitu Parigi Tofor dan Pasar Tua tradisi Tumbilotohe yang dilakukan pada hari sabtu 1 juni 2019 diprakasai oleh anak muda dan remaja mesjid yang ada di dua kampung beseblahan tersebut.

Ide dan kreatifitas anak muda ini dari dua kampung yang saling berdampingan ini di gagas oleh 2 tokoh milenial yaitu Hasan Suga dan Uyun Musa.

Kapolres Kota Bitung ,Stevanus M Tamuntuan,vsaat menyalakan lampu botol sebagai tanda dimulainya tradisi Tumbilotohe di Kota Bitung pada sabtu (1/06/2019) – foto : Resa INAnews

Turut hadir dalam tradisi Tombilotohe di Kota Bitung yakni Kapolres Bitung AKBP Stevanus M Tamuntuan dan ,Camat Maesa Serferson Sumampouw.

Dalam sambutannya mewakili Pemerintah Kota bitung Camat Maesa Serferson Sumampouw menyampaikan turut merasa bangga dengan apa yang sudah di laksanakan tradisi Tumbilotohe di wilayahnya.

“Dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi dampak yang baik untuk Kota Bitung dan hal ini bisa menjadi contoh untuk kecamatan yang lain untuk melestarikan adat istiadat daerah,” ucap Saferson dalam sambutanya Sabtu, 1 juni 2019.

Juga hadir Kapolsek Maesa Robert Ulenaung dan Ketua KKIG yang di wakili oleh Wakil Ketua 1 Hasan Suga serta tokoh tokoh masyarakat Uyun Musa dan para imam yang ada di Kecamatan Maesa – foto : Resa INAnews

Hal senada juga di sampaikan oleh Kapolres Jota bitung AKBP Stevanus M Tamuntuan dalam sambutannya StevanusĀ  menyampaikan kalau sebentar lagi kita akan mengadakan hari raya Idul Fitri dan malam takbiran kiranya tradisi Tumbilotohe bisa mempersatukan warga Kita Bitung.

“Untuk itu mari kita semua menjaga keamanan Kota Bitung ini dan kami dari pihak Polres akan mengamankan jalanya malam takbiran nanti dan semoga kita semua bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadhan yang akan datang,” ucap Stevanus.

Ribuan Lampu Botol yang diajarkan dalam Tradisi Tumbilotohe di Kota Bitung. – foto : Resa INAnews

Apresiasi juga disampaikan oleh Tokoh masyarakat yaitu Uyun Musa, “saya secara pribadi mengucapkan terimakasih untuk Bapak Kapolres Kota Bitung yang sudah bersama sama dengan kami masyarakat mengikuti acara adat khas Gorontalo ini,” ucapnya.

Uyun juga sampaikan dengan melestarikan tradisi Tumbilotohe dirinya sebagai putra Gorontalo seperti merasa ada di kamoung halamannta.

“Meskipun kami ada di luar daerah yaitu di Kota Bitung kami merasa hangat dengan masyarakat Kota Bitung dengan merayakan tradisi khas Gorontalo,” sambut Uyun.

Tradisi Tumbilotihe ini sudah kedua kalinya diadakan di wilayah Kecamatan Maesa , Kota Bitung.

“Mudah mudahan kedepan kami juga bisa merayakan kembali dengan lebih meriah lagi,” tutup Uyun.

 

 

 

PenulisĀ  : Resa R

Editor : M. Helmi.R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here